Asisten I Pemerintahan, hadiri acara Musyawarah Daerah (MUSDA) II Dewan Adat Dayak (DAD)

53

Asisten I Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kabupaten Pulang Pisau, Drs. Susilo I. Tamin, M.Si menghadiri acara Musyawarah Daerah (MUSDA) II Dewan Adat Dayak (DAD) di Aula kantor Bupati Lama Jalan Oberlin Metar Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (5/9/2018).

Dalam sambutannya Susilo menyampaikan bahwa betapa pentingnya hubungan antara Kelembagaan Adat di Kalimantan Tengah dengan penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.

Berdasarkan Peraturan Daerah Kalimantan Tengah Nomor 16 Tahun 2008, lembaga adat merupakan mitra pemerintah Daerah dalam membantu kelancaran bidang pemberdayaan, Pelestarian pengembangan adat istiadat penegakan hukum Adat Dayak di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Untuk itu, Susilo mengajak untuk menjaga kearifan lokal budaya Dayak sesuai adat istiadat dan hukum adat Suku Dayak, sesuai Falsafah hidup warga Dayak yakni “Budaya huma betang” dan “Belum Bahadat” sehingga menjadikan warga Dayak yang menjujung tinggi nilai kejujuran, kesetaraan , kebersamaan dan toleransi serta taat pada hukum (Hukum Negara, Hukum Adat, dan Hukum Alam).

Pada kesempatan ini, susilo juga berharap agar Organisasi ini dapat menjadi satu wadah yang menampung dan menindaklanjuti aspirasi Masyarakat Adat Dayak, dan Fasilitator fungsi Kedamangan dan Mantir Adat. (krwn/wd)

BERBAGI