Banyak Tuai Prestasi, Kado Untuk Hari Jadi Ke 16 Kabupaten Pulang Pisau

49

Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo, S. Sos., MM. membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran saat memimpin upacara Hari Jadi ke 16 Kabupaten Pulang Pisau tahun 2018, yang bertepatan pada hari ini, senin (02/07) dan dilaksanakan di halaman kantor Bupati Pulang Pisau.

dengan mengusung tema bersama membangun kabupaten pulang pisau, hari jadi ke 16 kabupaten pulang pisau kali ini menitik beratkan pada penataan sistem pemerintahan yang bersih, berwibawa, profesional dan akuntabel, dan penerapannya terwujud dalam good and clean governance.
“saya mengharuskan aparatur sipil negara (asn) bekerja secara profesional dan transparan, serta berharap satuan organisasi perangkat daerah (sopd) beserta seluruh lapisan masyarakat dapat bahu membahu dalam membangun kabupaten yang kita cintai ini. ” tegas gubernur dalam sambutannya.
gubernur juga menyampaikan apresiasi atas kesuksesan penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2018 di kabupaten pulang pisau yang berjalan aman, tertib dan lancar.
“suasana yang kondusif ini dapat dilihat dari situasi keamanan yang tidak terdapat gangguan, saya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban, jangan sampai mengganggu stabilitas dan roda pembangunan. ” harapnya.

selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa kesuksesan pembangunan tidak lepas dari peran 3 (tiga) unsur penting, yakni state (negara) sebagai pemerintah daerah selaku pengambil kebijakan yang didampingi oleh legislatif, kemudian private sector (pihak swasta) berperan sebagai mitra pemerintah dalam progres pembangunan dan yang terakhir adalah civil society (masyarakat) selaku objek dan subjek pembangunan.
“apabila ketiga unsur – state, private sector, civil society – dapat bersinergi dengan baik maka kabupaten ini akan mampu mewujudkan visinya yakni masyarakat yang damai, maju, berkeadilan dan sejahtera.”

pada kesempatan ini pula gubernur mengapresiasi atas prestasi kabupaten pulang pisau dalam mewujudkan pemerintah yang bersih, berwibawa, profesional dan akuntabel, yakni untuk prestasi selama 3 (tiga) tahun berturut – turut mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah.
“saya ucapkan selamat untuk kabupaten pulang pisau atas prestasi dalam memperoleh dan mempertahankan opini wtp yang merupakan kado terindah untuk kabupaten pulang pisau di usia yang ke 16. saya berharap bupati dan wakil bupati beserta jajaran dapat terus mempertahankan opini ini. ” harap gubernur.

dalam akhir sambutannya, gubernur menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada bupati dan wakil bupati pulang pisau untuk beberapa point penting, diantaranya atas kemampuan menerapkan program pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) di seluruh kecamatan di kabupaten pulang pisau. kemudian tertib dan tepat waktu dalam penyampaian laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) kabupaten pulang pisau tahun 2017 kepada pemerintah provinsi kalimantan tengah. serta dalam meningkatkan aspek kesejahteraan beberapa indikator makro, seperti pertumbuhan ekonomi (PDRB) kabupaten pulang pisau tahun 2017 yang mampu mencapai pada angka 7,80%, merupakan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi di seluruh kabupaten/kota di kalimantan tengah. selain itu angka pengangguran dipulang pisau mampu bertahan di bawah 5% setiap tahun dan angka kemiskinan berada di urutan 5 terkecil di kalimantan tengah yakni 5,65%. hal tersebut merupakan prestasi yang membanggakan dan harus terus dipertahankan dan ditingkatkan.
kemudian gubernur juga menyampaikan apresiasi terhadap keberhasilan kabupaten pulang pisau dalam meraih berbagai penghargaan diantaranya anugerah dana raksa dari pemerintah pusat sebagai wujud pemerintah daerah berkinerja yang baik dalam penyelenggaraan keuangan daerah. dan penghargaan pastika parahita atas terbitnya peraturan daerah (perda) kawasan tanpa rokok di kabupaten pulang pisau.
terakhir beliau menyampaikan selamat atas selesainya pembangunan beberapa ikon kebanggaan kabupaten pulang pisau, yakni kantor bupati pulang pisau, kantor DPRD kabupaten pulang pisau, stadion olahraga, masjid agung, kristiani center serta mampu mensukseskan penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ke 29 tahun 2018.

dengan segala prestasi yang diraih tersebut, gubernur berharap serta mengajak kabupaten pulang pisau untuk tetap mampu menjaga prestasi yang sudah diraih dan ikut berperan aktif dalam pembangunan kalimantan tengah guna keterpaduan sinergi untuk bersama membangun bumi isen mulang ini.
Dirgahayu ke 16 Kabupaten Pulang Pisau.

BERBAGI