BUPATI BUKA ACARA PELANTIKAN PANWASCAM

8

Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M membuka acara Pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (panwascam) se-Kabupaten Pulang Pisau di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Handep Hapakat, kamis malam (9/11).

Pemilihan Umum merupakan perwujudan KEdaulatan Rakyat guna menghasilkan PEmerintahan yang Demokratis. PEnyelenggaran Pemilu yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil hanya dapat terwujud apabila penyelenggara pemilu mempunyai integritas yang tinggi serta memahami dan menghormati hak-hak sipil dan politik dari warga negara. Penyelenggara pemilu yang lemah berpotensi menghambat terwujudnya pemilu yang berkualitas.

Ketua Panwas Kabupaten Ubeng Itun, SH., mengatakan, acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji bukanlah sekedar acara seremonial, melainkan mengundang makna sebuah pengukuhan terhadap tugas dan amanat yang telah dipercayakan oleh Negara, sehingga sudah semestinya amanat tersebut diterima dengan rasa penuh tanggung jawab disertai dedikasi untuk mewujudkan pengawas pemilu yang memiliki solidaritas, integritas, mentalitas dan profesionalitas.

Kewajiban anggota panwascam bersikap tidak deskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenang, melaporkan apabila ada dugaan pelanggaran yang mengakibatkan terganggunya tahapan pemilu di tingkat kecamatan. Sebagai anggota Panwas Kecamatan harus memperhatikan atau menjunjung tinggi martabat profesi dan menjalin hubungan erat antar organisasi secara solidaritas serta memiliki mentalitas yang kuat secara professional.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan kepada seluruh anggota panwascam se-kabupaten Pulang Pisau yang telah dilantik saya ucapkan selamat dan diharapkan kepada seluruh anggota panwascam untuk mengingat pentingnya tugas dan wewenang serta kewajibannya sesuai dengan ketentuan pasal 105, pasal 106 dan pasal 107 undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum.

Adapun salah satu kewajiban dari panwascam yaitu harus bersikap adil dalam menjalankan tugas dan wewenangnya demi terwujudnya penyelenggaraan pemilihan umum yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, pungkasnya.

Adapun peserta panwascam se-kabupaten Pulang Pisau berjumlah 24 (dua puluh empat) orang dengan rincian masing-masing kecamatan terdiri dari 3 (tiga) orang peserta.

BERBAGI