BUPATI DAN WABUP APRESIASI FESTIVAL SENI BUDAYA DAERAH

21

Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M dan Wakil Bupati Pudji Rustaty Narang menghadiri Festival Seni Budaya Daerah yang digelar Pemerintah Kecamatan Jabiren Raya, guna melestarikan seni dan budaya daerah yang mulai kurang diminati anak muda agar lebih dikenal lagi di khalayak ramai di tengah perkembangan jaman era digital ini, jumat malam (6/10).

Dalam sambutannya Bupati sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada damang, mantir adat, dan pemerintah kecamatan jabiren raya yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan sukses dan mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat.

Kita melihat antusias masyarakat cukup tinggi dan kedepan pemerintah daerah akan berupaya membantu mengembangkan seni budaya untuk melestarikan budaya leluhur kita. Selain menjadi ajang silaturahmi, kegiatan ini juga untuk memupukĀ  dan mempererat tali persaudaraan, walaupun sudah hampir terlupakan dijaman sekarang ini, tutup Edy.

Saipul, Damang Jabiren Raya pada saat di wawancarai mengatakan, kegiatan ini diikuti beberapa desa di Kecamatan Jabiren Raya. Festival Budaya ini menampilkan beberapa lomba, diantaranya tari manasai, karungut, lagu daerah, gasing, balogo, mangenta, manetek kayu dan bakapung.

Menurutnya, kegiatan ini yang pertama dilaksanakan dan terselenggara atas kerja sama Mantir Adat, Damang dan masyarakat Kecamatan Jabiren Raya, dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi antar desa kecamatan Jabiren dab menghidupkan kembali serta melestarikan budaya leluhur kita yang hampir dilupakan oleh generasi muda saat ini.

Kedepan kita berharap agar budaya peniggalan leluhur kita dapat dilestarikan serta dapat menumbuh kembangkan minat generasi muda dalam menjaga dan melestarikannya. Saya harap agenda ini dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjadi agenda tahunan, karena melihat animo masyarakat yang cukup tinggidalam menyambut gelaran Festival Budaya ini, pungkasnya.

BERBAGI