Bupati Membuka Acara Program Inovasi Desa (PID) dan Sosialisasi Aplikasi Pahari

125

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau menyelenggarakan kegiatan Program Inovasi Desa (PID) dan sosialisasi aplikasi pelayanan administrasi handep hapakat mandiri (Pahari), kegiatan ini di hadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo, S.Sos., MM, yang bertempat di Aula Bappeda, Rabu (3/10/2018).

Acara yang dihadiri sebanyak 250 orang peserta ini berasal dari para perangkat Desa yang ada di lingkup Kabupaten Pulang Pisau. Dalam sambutannya, Edy mengatakan program PID merupakan salah satu upaya pemerintah mewujudkan agenda nawacita dalam RPJMN 2015-2019.

ia juga menjelaskan, sesuai amanat undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka Program inovasi Desa ini hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana Desa (DD) dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya manusia yang memiliki daya saing dengan fokus kepada bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur desa.

Pada kesempatan ini pula, ia mengajak kepada pihak terkait untuk membina dan mengarahkan masyarakat Desa agar dapat meciptakan inovasi-inovasi Desa serta mengangkat potensi –potensi yang ada di daerah menjadi produk-produk unggulan di wilayah masing-masing sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa di kabupaten Pulang Pisau dengan
tantangan yang ada,yakni menciptakan manusia yang terampil, inovatif, dan berdaya saing. (Krwn/wd)

BERBAGI