Bupati Resmikan Pasar Wadai Ramadhan 1438 H

228

Pasar Ramadhan 1438 H yang bertempat di depan terminal Eka Panende Pasar Patanak Pulang Pisau ini resmi dibuka oleh Bupati H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M., sabtu (27/5).

Pasar Wadai Ramadhan yang rutin setiap tahun selalu dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah ini disambut dengan sangat baik oleh masyarakat, terbukti jumlah pedagang yang pada tahun 2016 berjumlah 27 lapak/pedagang ini pada tahun 2017 ini menjadi 32 lapak/pedagang bahkan masih ada yang ingin berjualan dan warga meminta agar tahun depan bisa ditambah lagi jumlah lapak untuk berjualan.

Dalam sambutannya Bupati Pulang Pisau menyampaikan bahwa terselenggaranya Pasar Wadai Ramadhan 1438 H ini adalah untuk mengakomodir tradisi masyarakat pulang pisau pada bulan puasa. ”Sebagaimana tradisi masyarakat kita pada bulan puasa, yakni jalan-jalan sore bersama teman atau keluarga, sambil membeli makanan untuk hidangan saat berbuka puasa, yang mana hal ini menjadi rizki bagi saudara-saudara kita yang berjualan makanan untuk hidangan buka puasa tersebut. Mengingat hal inilah maka Pemerintah Daerah Pulang Pisau tahun ini pun kembali memfasilitasi terselenggaranya Pasar Wadai Ramadhan bagi masyarakat,” jelasnya.

Diungkapkan Edy (panggilan akrabnya) bahwa tahun 2017 ini Pasar Wadai Ramadhan terlihat lebih rapi, dan tertata. Mengenai keinginan warga untuk menambah jumlah lapak Pemerintah sangat mendukung dan akan segera kita koordinasikan agar tahun depan bisa di perbanyak lagi.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga meminta pada para pedagang agar makan yang dijual di Pasar Wadai Ramadhan terjamin kebersihan dan kesehatannya. Puasa ingin sehat, sehingga makanan yang dimakan juga harus sehat, serta hindari juga pewarna makanan yang berbahaya.

Terakhir Bupati mengingatkan agar selalu menjaga kerukunan antar umat beragama, dan untuk saling menghormati dan menghargai. Selama bulan Ramadhan agar jangan merokok di tempat umum, apalagi sampai makan, tutup Edy.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan berjalan meninjau lapak-lapak pedagang dan Bupati juga ikut membeli takjil untuk berbuka dari para pedagang Pasar Wadai Ramadhan.

BERBAGI