BUPATI SALURKAN BANTUAN ALSINTAN KEPADA WARGA

13

Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M menyalurkan bantuan 5 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari 300 unit melalui Program pembangunan daerah pemilihan atau dana aspirasi disalurkan oleh Anggota Komisi IV DPR RI Perwakilan Kalimantan Tengah, H. Hamdani, S.IP., M.Sos, yang terdiri dari 4 unit Handtractor dan 1 unit Jhondere di Kantor Dinas Pertanian, senin (6/11).

Bupati meminta kepada para Petani untuk benar-benar memanfaatkan bantuan yang sudah di perjuangkan para anggota DPR RI. Bantuan harus dirawat dan dijaga, jangan sampai bantuan ini beralih tangan apalagi dijual,karena akan menjadi kerugian bagi kita juga.

Pulang pisau dalam bidang pertanian masih berada diurutan teratas dalam suplus beras, tentunya dari peningkatan yang signifikan ada konsekuensi yang ditimbulkan, salah satunya banyak Alsintan maupun bantuan lain yang diserahkan kepada petani, tandas Edy.

Bupati menjelaskan pentingnya koordinasi dan komunikasi anggota DPRD setempat kepada para anggota DPR RI maupun pihak Kementrian terkait dengan program yang ada pada pemerintah pusat. Hal ini agar petani bisa mendapatkan bantuanuntuk peningkatan bidang pertanian di daerah, tutupnya.

Hamdani mengatakan dengan bantuan ini diharapkan dapat membantu petani di Kabupaten Pulang Pisau dalam meningkatkan hasil produksi pertanian dan juga dalam cetak dan perluasan lahan pertanian. Ada sebanyak 300 unit Alsintan dan disalurkan kepada masing-masing kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Bantuan yang diperoleh dari program pembangunan daerah pemilihan atau dana aspirasi DPR RI ini sebagai dukungan terhadap program nawa cita dari Presiden RI.

Hamdani menambahkan, bahwa bukan hanya Alsintan saja yang akan diberikan kepada para petani, kedepan bantuan dalam upaya peningkatan bidang Holtikultura seperti bantuan dalam bentuk sarana produksi (Saprodi) bagi petani kembali diperjuangkan oleh DPR RI. Dia menilai pulpis memiliki banyak potensiĀ  yang dapat dikembangkan petani, bukan Cuma padi,tetapi tanaman seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan buncis juga memiliki prospek yang menjanjikan.

Hamdani juga mendorong para petani untuk mengembangkan beras merah yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan kini sudah diekspor hingga ke negara Belgia.

BERBAGI