Dinkes Pulpis Himbau Masyarakat Agar Mewaspadai Produk Makanan Olahan Kaleng

51

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau meminta masyarakat agar mewaspadai aneka makanan yang dikemas di dalam kaleng sebelum membeli karena bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan.

“Masyarakat harus faham dan teliti saat membeli aneka makanan yang sudah dikalengkan, agar tidak terdampak ketika ada kerusakan pada bahan dalam kaleng,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau dr. Muliyanto Budihardjo, Minggu (1/4) di Pulang Pisau.

Ia menilai rusaknya sebuah makanan dalam kaleng bisa dikarenakan saat proses pengolahan kurang bersih, dan higenis, atau bisa juga akibat pengaruh suhu penyimpanan yang tidak sesuai aturan standar penyimpanan yang membuat makanan itu berulat.

kemudian mul melanjutkan, bahwa sangat berbahaya jika makanan yang bercampur cacing pita terkonsumsi. “Jika sempat dikonsumsi itu tentu sangat berbahaya, dan biasanya berawal dari sakit perut kemudian juga bisa menimbulkan gejala-gejala lainnya,” pungkasnya.

Menindaklanjuti persoalan temuan cacing pada ikan kaleng di beberapa daerah, pihaknya telah berkoordinasi dengan Disperindag Pulang Pisau. ” Saat ini dari Disperindag telah melaksanakan pemantauan, dan kita secara bersama-sama melakukan pemantauan itu,” tandasnya.

BERBAGI