Pelantikan 10 Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda se-Kalimantan Tengah

61

Usai acara Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota se-Kalimantan Tengah dilanjutkan dengan Pelantikan Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah. Hj. Nunu Andriani, SE., M.Pd sebagai isteri dari Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo, S.Sos., MM secara otomatis mengikuti acara pelantikan tersebut dan memangku tanggung jawab sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Pulang Pisau. Acara pelantikan dilaksanakan di Istana Isen Mulang, Senin siang (24/09/2018) dan dilantik langsung oleh Ibu Yulistra Ivo Azhari – Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah.

sesuai dengan Permendagri No. 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui gerakan PKK, maka Keberadaan Tim Penggerak PKK adalah merupakan mitra kerja pemerintah daerah. Untuk itu, Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran dalam sambutannya berharap agar seluruh Ketua TP PKK yang sudah dilantik tersebut dapat menjalankan tugas dengan amanah, sungguh – sungguh dan bertanggung jawab. Ia pun berharap kedepan, TP PKK semakin maju dan berkembang dalam menjalankan program – program kerja, untuk itu pemerintah provinsi Kalimantan Tengah telah menganggarkan dana sebesar 20 sampai dengan 50 Milyar untuk Tim Penggerak PKK, namun dengan catatan semua TP PKK di Kalimantan Tengah harus kerja keras dan bersinergisitas dalam memperhatikan UKM di Kalimantan Tengah, membina dan memberikan pelatihan serta memberi bantuan modal sesuai dengan plafon yang ada yang bertujuan untuk menuju menggerakkan ke masyarakat mandiri ekonomi kreatif, sehingga diharapkan kedepannya PKK akan menjadi salah satu penyumbang sumber PAD berikutnya yang menggerakkan arus perekonomian dari sektor real/ bawah.

pada acara yang sama, Ibu Yulistra Ivo Azhari – Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah – memberikan sambutannya usai melantik ke sepuluh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota. Ia menyapaikan bahwa seluruh program PKK harus selaras dengan program pemerintah dan pemerintah daerah, sehingga setiap rencana program kerja perlu dikomunikasikan, di informasikan dan dikonsultasikan kepada pemerintah melalui SOPD yang membidangi urusan pembinaan pemerintah daerah pemberdayaan masyarakat agar rencana kerja TP PKK menjadi bagian tidak terpisahkan dari dokumen perencanaan pembangunan pemerintah daerah.

seiring dengan itu, Tugas Dekranasda juga sejalan dengan TP PKK sebagai bagian dan wadah pemangku kepentingan seni kerajinan dan industri, berfungsi sebagai pembina seni kerajinan warisan budaya yang perannya juga sangat penting bagi masyarakat dan ekonomi kreatif. Untuk itu, Ivo berpesan agar seluruh TP PKK di Kalimantan Tengah memahami perannya sebagai mitra kerja pemerintah daerah dan pintar memanfaatkan potensi Sumber Daya yang ada – baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam – sehingga dapat di dayagunakan dalam program – program kerja PKK. (wd)

BERBAGI