PENANDA TANGANAN PERJANJIAN KINERJA TAHUN 2017

47

Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M bersama Sekretaris Daerah (sekda) dan seluruh Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) menanda tangani Perjanjian Kinerja Tahun 2017 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, selasa (14/11).

 Pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Kinerja merupakan salah satu tahapan dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang termuat dalam peraturan presiden nomor 29 tahun 2014 tentang sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang kita kenal dengan singkatan S.A.K.I.P.

Dalam Permenpan Nomor 53 Tahun 2014, perjanjian kinerja merupakan lembar/dokumen yang berisikan penugasan dari Bupati sebagai pemberi amanah kepada Kepala Perangkat Daerah sebagai penerima amanah untuk melaksanakan program/kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja.

Dalam sambutannya, Bupati Pulang Pisau menyampaikan tujuan dari penendatanganan perjanjian ini yaitu :

  1. Untuk meningkatkan Intregitas, Akuntabilitas, Transparansi dan Kinerja Aparatur;
  2. Menciptakan tolak ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja aparatur;
  3. Sebagai dasar penilaian keberhasilan atau kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran organisasi serta sebagai dasar pemberian penghargaan dan sanksi;
  4. Sebagai dasar Bupati untuk melakukan Monitoring, Evaluasi dan Supervise atas perkembangan/kemajuan kinerja Kepala Perangkat Daerah;
  5. Sebagai dasar dalam penetapan sasaran Kinerja Pegawai (S.K.P.).

Bupati menambahkan  bahwa penandatanganan perjanjian kinerja ini bisa dilaksanakan setelah masing-masing perangkat daerah menerima dokumen A.P.B.D. atau A.P.B.D. perubahan paling lambat satu bulan setelah anggaran disahkan. Perjanjian kinerja dapat direvisi atau disesuaikan dalam hal terjadi kondisi pergantian atau mutasi pejabat, perubahan strategi yang mempengaruhi pencapaian tujuan dan sasaran (perubahan program, kegiatan dan alokasi anggaran) serta perubahan prioritas atau asumsi yang berakibat signifikan dalam proses pencapaian tujuan dan sasaran.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan skor nilai S.A.K.I.P. Kabupaten Pulang Pisau dari kategori “C” menjadi “CC” atau bahkan kategori “B”. Untuk itu BUpati menghimbau kepada seluruh KEpala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau agar bisa memenuhi komitmen yang telah disepakati sehingga apa yang kita cita-citakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau bisa terwujud, tutupnya.

BERBAGI