Pj. Bupati : Pentingnya Imunisasi MR Untuk Generasi Sehat

105

“Anak sehat harus bebas penyakit, memiliki status gizi yang baik, hidup dalam lingkungan sehat dan mendapat pendidikan yang berkualitas, dan salah satu upaya mewujudkan hal tersebut adalah melalui pencegahan dengan memberikan imunisasi pada masa bayi, kanak – kanak dan dewasa, selain itu pelayanan imunisasi yang diberikan harus berkualitas, menggunakan vaksin yang aman dan efektif dengan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata. Campak Rubella adalah penyakit yang mudah menular dan sangat berbahaya saat ini diseluruh dunia, cara efektif pencegahannya hanya dengan imunisasi MR. “

Demikian sedikit kutipan yang disampaikan Pj. Bupati Pulang Pisau, Ir. Hj. Sunarti, MM dalam acara pencanangan kampanye imunisasi campak rubella (imunisasi MR) yang dilaksanakan di SDN Trisari 3 desa mentaren II, pulang pisau, selasa (7/8/2018).

Pada kesempatan ini Sunarti juga menyampaikan mahalnya biaya yang harus dkeluarkan untuk melakukan vaksin tersebut karena selama ini imunisasi MR hanya tersedia di layanan kesehatan swasta. Untuk itu, pada kesempatan bulan baik ini – bulan agustus sampai dengan september – pemerintah menyediakan secara gratis vaksin MR dan masuk dalam imunisasi wajib dimulai sejak kampanye MR hari ini sebagai upaya promotif dan preventif.

Menurutnya imunisasi adalah hak anak yang wajib dipenuhi dan hal ini dilindungi oleh undang – undang dan pemerintah mewajibkan imunisasi karena sebagai upaya nyata yang paling efektif untuk mencegah penyakit menular yang berbahaya bagi anak – anak. Melalui imunisasi maka akan memberikan perlindungan terhadap 8 (delapan) penyakit, diantaranya campak, tuberkulosis, difteri, batuk rejan, tetanus, polio, hepatitis B, dan hemofilus influenzae. Dan hari ini, bertambah satu perlindungan terhadap anak, yakni dari penyakit Rubella.

Dirinya juga menegaskan pentingnya program ini, dengan harapan agar jumlah orang sakit akan menurun dan berdampak pada kurangnya orang yang berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan, sehingga pembiayaan kesehatan semakin efisien. Karenanya perlu juga faktor pendukung seperti pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar berbagai masalah kesehatan dan angka kesakitan, kematian dan kecacatan akibat berbagai penyakit akan menurun.

Untuk itu, melalui kegiatan ini, Sunarti selaku kepala daerah mengajak masyarakat luas khususnya di kabupaten pulang pisau untuk memberikan imunisasi MR, karena hak anak – anak untuk mendapatkan imunisasi dasar lengkap, sejak baru lahir, sampai sebelum usia 1 tahun dan imunisasi ulangan sebelum 2 tahun serta imunisasi saat mereka duduk di sekolah dasar. Dan dirinya juga memerintahkan agar anak – anak diberikan cakupan imunisasi yang setinggi – tingginya, baik cakupan dasar lengkap, cakupan desa yang mencapai UCI (universal child imunnization) maupun cakupan kampanye imunisasi MR tercapai target 95%. Tugas ini bukan hanya untuk sektor kesehatan tapi bagi semuanya.

BERBAGI