WABUP DAMPINGI KUNJUNGAN BRG RI KOMISI IV

12

Wakil Bupati Pulang Pisau, Pudji Rustaty Narang dampingi kunjungan kerja (kunker) Badan Restorasi Gambut (BRG) RI Komisi IV DPR RI dan Sekretaris Jendral Kementrian Pertanian Tanpa Bakar di lahan gambut ke wilayah kerja PT. Sinar Pangan Indonesia (SPI) di Desa Sanggang, senin, (30/10).

Tidak hanya mencegah kembali terjadinya kebakaran hutan dan lahan, saat ini cukup banyak pihak yang berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan lingkungan termasuk memberdayakan dan mengolah hasil alam dengan cara ramah lingkungan. Itulah salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten PUlang Pisau, Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB), ujar Wabup.

Wabup mengakui, untuk tahap awal memang cukup berat mengarahkan masyarakat menggunakan cara ramah lingkungan dalam mengolah lahan, karena selain memerlukan biaya yang cukup banyak, waktu yang digunakan untuk membuka lahan secara manual dan ramah lingkungan juga lebih lama. “Memang awalnya ada sebagian petani yang protes, namun setelah diarahkan secara bertahap banyak lahan yang diolah dengan menggunakan pupuk organik, saat ini cukup banyak hasil panen petani lokal yang mulai memuaskan,” tutupnya.

BERBAGI