Wakil Bupati Pulang Pisau Bersama Rombongan BNK Pulang Pisau Studi Banding ke Kabupaten Lamongan

172

Wakil Bupati Pulang Pisau, Ibu Pudjirustaty Narang dan Wakapolres Pulang Pisau Kompol Endro Aribowo, S.IK selaku Ketua pelaksana harian BNK Kabupaten Pulang Pisau bersama rombongan BNK Pulang Pisau mengadakan studi banding ke Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, rabu (3/10/2018).

 

Berdasarkan surat Wakil Ketua BNK Pulang Pisau nomor 06/IX/ BNK-PP/2018 tanggal 21 september 2018 perihal kunjungan kerja BNK Pulang Pisau, rangkaian kegiatan BNK pulang pisau di kabupaten lamongan ini melakukan pertemuan dengan jajaran pemkab lamongan serta pelaksanaan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BNK Kabupaten Pulang Pisau dengan P4GN Kabupaten Lamongan, terkait kerjasama penanggulangan dan pemberantasan peredaran narkoba melalui jalur laut.

Kunjungan yang disambut langsung oleh wakil bupati lamongan, Ibu Hj. Kartika Hidayati, MM., MHP selaku ketua P4GN lamongan dan didampingi asisten bidang pemerintahan setda kabupaten lamongan, Drs. Heru Widi dan dari Kesbangpol, Satnarkoba Polres Lamongan, Kodim 0812 dan Lapas Lamongan ini bertempat di aula pertemuan kantor Bupati Lamongan.

Dan dalam sambutannya, Kartika menyebutkan peredaran narkoba di Indonesia cukup memprihatinkan. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya pelaku pengedar narkoba mulai dari gembong besar hingga kecil yang masih beredar menghantui generasi muda, khususnya di Lamongan.
dirinya juga sangat prihatin terhadap pengaruh dan efek samping Bahaya Narkoba, seperti dikalangan pelajar, pejabat maupun disekitar lingkungan masyarakat umum, diharapkan bisa menekan angka penyalahgunaan Narkoba.

 

Selaku Ketua P4GN Lamongan Kartika Hidayati tentunya bertanggungjawab besar terhadap masyarakatnya dengan menggerakan program P4GN kepada masyarakat, yaitu Penyuluhan Pencegahan, Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba dapat melindungi generasi bangsa dari pergaulan Narkoba.

Pihaknya juga sangat berterima kasih pada BNK Pulang Pisau beserta Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah, dimana dalam studi banding penyuluhan Narkoba dapat memberikan wawasan dari segi peredaran, pencegahan Narkoba yang dinilai mengganggu tatanan kehidupan generasi bangsa selama ini.

Dan pada pertemuan ini pula, ketua pelaksana harian BNK pulang pisau berkesempatan memaparkan bahaya narkotika yang masih marak saat ini dan terus menyatakan perang terhadap narkotika, ia pun menjelaskan para pengguna sebenarnya merupakan korban, yang di untungkan justru para pebisnis, penanam modal dan pengedar, yang sampai saat ini masih dapat digerakkan justru oleh aktor – aktor dibalik sel tahanan yang sudah ditangkap.

di kalimantan tengah (kalteng) sendiri, endro menjelaskan beberapa kasus peredaran narkoba sudah dipetakan, jalur yang digunakan saat ini mulai merambah lewat jalur laut, dirinya menyebutkan peredaran narkoba 2 (dua) tahun terakhir ini terjadi melalui jalur pelabuhan, seperti yang terjadi di kabupaten kotawaringin timur (kotim), kalteng di tangkap pengedar yang membawa sebesar 200 gram ganja. Berdasarkan pengalaman tersebut maka pengamanan jalur baru ini harus segera dilakukan sebagai tindakan antisipasi dini, apalagi kabupaten pulang pisau sudah memiliki pintu masuk baru melalui jalur laut yakni pelayaran kapal jenis roro KMP. Sunan Drajat yang telah uji sandar di pelabuhan bahaur, kecamatan kahayan kuala dari paciran, lamongan dan sebaliknya. Untuk itu, dirinya berharap melalui kerjasama nota kesepahaman ini – baik dalam bidang pengawasan, monitor dan pencegahan – sebagai antisipasi beredarnya narkoba yang melibatkan di kedua wilayah yakni kabupaten pulang pisau dan kabupaten lamongan.

Ikut mendampingi dari Kabupaten Pulang Pisau pada kegiatan ini adalah unsur dari pemerintah kabupaten daerah pulang pisau, kepolisian, Kejaksaan dan TNI serta para pengurus BNK Pulang Pisau periode masa bhakti 2013 – 2018, yakni Asisten adm.umum setda kab. pulang pisau, Drs. Eknamensi Tawun, Inspektur Kabupaten, sapri junjung, SE., MA, kalakhar BNK Pulang Pisau, Iptu Purnomo, SH, sekretaris BNK Pulang Pisau, Dr. Drs. Supriyadi, M.Si, anggota penasehat BNK, mayor inf. mulyadi, ketua bidang pencegahan, AKP Boiran Iwan Santosa, wakil ketua bidang penegakan hukum, I Wayan Gedin Arianta, SH., MH, Kapolsek Kahayan Kuala Ipda Widodo, SE, wakil ketua sekretariat BNK Pulang Pisau, Brigpol Wahyudie, anggota bidang penindakan, Parmono, camat Kahayan Kuala, Naedy Rustam, S.P., M.Si, Bendahara BNK, bidang data dan informasi, dan pembantu sekretariat BNK. (ferry/wd)

BERBAGI