Asisten Bidang Pemerintahan Buka Acara Sosialisasi KIM Tingkat Desa

446

Asisten I Bidang Pemerintahan, Drs. Susilo I. Tamin, M. Si membuka acara sosialisasi pembentukan kelompok informasi masyarakat (KIM) tingkat desa se kabupaten pulang pisau tahun 2018 yang dilaksanakan di aula kantor bappeda litbang kabupaten pulang pisau, senin (30/07).

kegiatan yang dihadiri oleh para camat, kades / lurah dan unsur perangkat desa serta masyarakat pengelola informasi ini bertujuan untuk menciptakan KIM sebagai wahana penggerak partisipasi masyarakat dalam penyampaian informasi dan menyalurkan aspirasi rakyat serta guna terbentuknya KIM di setiap kecamatan, kelurahan dan desa serta RT maupun RW, karena keberadaan KIM masih sangat diperlukan mengingat tidak semua kondisi masyarakat memiliki kemampuan memadai untuk menelaah muatan informasi dengan baik, bisa jadi dikarenakan faktor sosial, ekonomi dan kultural.

keterbatasan masyarakat dalam mengakses dan pemanfaatan informasi ini lah yang melahirkan kesenjangan yang semakin lebar, seperti yang dipaparkan susilo dalam sambutannya pada kesempatan kali ini, sehingga beliau mendukung untuk perlunya diadakan sosialisasi pembentukan KIM tersebut agar kedepannya dapat menjadi sarana komunikasi antar pemerintah daerah dengan masyarakat.

Susilo juga menyebutkan bahwa fungsi KIM memiliki peranan besar sebagai penghubung dalam proses diseminasi informasi dan sebagai aspirasi antara pemerintah dengan masyarakat, maupun antar masyarakat itu sendiri, karena keberadaan KIM itu sendiri dilatarbelakangi oleh kehidupan masyarakat yang beragam sehingga melahirkan pula keragaman aktifitas,

 

“kehidupan masyarakat yang beragam ini lah sehingga beragam pula aktifitasnya, antara lain sebgai penggerak UKM dan ekonomi mikro, sebagai motor penggerak dalam mitigasi bencana, memajukan budaya lokal dan tradisional serta dalam memajukan pertanian dan perikanan. untuk itulah KIM sangat diperlukan keberadaannya untuk meningkatkan informasi pada masyarakat.” jelas susilo.

ia juga berharap melalui kegiatan ini akan muncul kesadaran masyarakat untuk membentuk KIM yang dapat berperan sebagai penyampai informasi secara riil dan akurat serta berjalan dinamis.

“dengan terbentuknya KIM di kecamatan/ dikelurahan diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, keterampilan dan kearifan sehingga mendorong terbentuknya motivasi dan inovasi dalam masyarakat serta ikut berperan aktif dalam pembangunan di bumi handep hapakat ini. ” harap beliau.