Asisten I Pimpin Rapat Tim PORA

224

Asisten I Setda Kabupaten Pulang Pisau, Susilo I. Tamin membuka kegiatan rapat tim Pengawasan Orang Asing (Pora) Pulang Pisau dan penyebaran informasi keimigrasian sekaligus pembentukan tim Pora tingkat Kecamatan se-Kabupaten Pulpis Tahun 2019 di Aula Dinkes Pulang Pisau, Kamis (4/7/2019).

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk tetap terpeliharanya stabilitas dan kepentingan Nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul sebagai akibat perlintasan orang antar Negara, keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Provinsi Kalteng khususnya di Kabupaten Pulang Pisau” Ujar Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten I, Susilo I Tamin.

Lanjutnya menerangkan juga bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan penting sebagai implementasi Undang-undang nomor 6 Pasal 69 Tahun 2011 tentang keimigrasian, peraturan Mendagri Nomor 49 tahun 2010 tentang pedoman pemantauan orang asing dan organisasi Masyarakat asing di daerah dan peraturan Mendagri nomor 50 Tahun 2010 tentang pedoman pemantauan tenaga kerja asing di daerah.

“Diselenggarakannya kegiatan ini supaya seluruh pihak yang tergabung dalam Tim Pora Kabupaten Pulang Pisau memiliki tanggung jawab bersama-sama dalam mengawasi orang asing” Imbuhnya.

Ia pula menuturkan dan berharap dengan adanya kegiatan tersebut agar tidak ada lagi perbedaan data antar setiap instansi yang berkopeten. “Sehingga informasi tentang keabsahan data dan kegiatan orang asing di Kabupaten Pulang Pisau sesuai dengan izin tinggal beserta izin kerjanya” Tukasnya (krwn/ edit : wd/ foto : MC)