Bupati Buka Sosialisasi SLIP PPID se-Kabupaten Pulang Pisau

27

Pemkab. Pulang Pisau – Bupati Pulang Pisau diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Edy C. Purwanto, membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se-Kabupaten Pulang Pisau. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Pulang Pisau. Bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (18/10/22).

Pada momen tersebut, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Edy C. Purwanto, berharap sebagai OPD sebagai badan publik dapat memahami Standar Layanan Informasi Publik sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Informasi (Perki) Nomor 1 Tahun 2022 dan badan publik mampu mengimplementasi penyelenggaraan layanan informasi publik dengan baik.

Edy menambahkan, badan publik baik itu perangkat daerah, Badan layanan umum Daerah, hingga Badan Usaha Milik Daerah dapat meningkatkan pelayanan informasi publik melalui PPID masing-masing sesuai Perki Nomor 1 Tahun 2021.

Menurut edy, hak-hak masyarakat untuk mengetahui dan mengakses informasi publik dapat terwujud guna meningkatkan partisipasi aktif dalam pembangunan.

Edy juga menginformasikan, ke depannya Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang akan melakukan Monitoring Evaluasi dan penilaian terhadap pelayanan informasi publik di masing-masing PPID di satuan kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau. Penilaian pelayanan informasi publik akan dimulai tahun 2023 sebelum Monitoring dan Evaluasi dari KI Provinsi Kalteng.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan yang disampaikan Kepala Diskominfostandi Kab. Pulang Pisau, Moh. Insyafi dalam sambutannya menjelaskan bahwa Pelaksanaan SLIP PPID tahun 2022 tersebut merupakan tindak lanjut atas perubahan terhadap Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2010 menjadi peraturan Komisi Informasi (KI) Nomor 1 tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Moh. Insyafi berharap peraturan KI tersebut dapat menjadi pedoman dalam mengelola, menyimpan, dan melayani data informasi di masing-masing Badan Publik.

Perlu diketahui, pada tahun 2019 dan 2020 Kabupaten Pulang Pisau pernah menduduki peringkat lima kategori menuju informatif kemudian di tahun 2021 Kabupaten Pulang Pisau menduduki peringkat satu dengan predikat menuju informatif.

Harapannya di tahun 2022 ini Kabupaten Pulang Pisau bisa naik peringkat  dari kategori menuju informatif menjadi informatif. Sebab, kabupaten Pulang Pisau masih masuk lima besar tahun 2022 dan sudah mengikuti presentasi badan publik dalam tahapan akhir pemeringkatan keterbukaan informasi badan publik Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Tengah oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Tengah.

Usai penyampaiaan sambutan-sambutan, kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalteng, Setni Betlina dan pejabat Eselon II, Eselon III serta ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dan peserta undangan lainnya dilanjutkan dengan melakukan sesi penyampaian materi dan tanya jawab.

Narasumber pertama yaitu Kepala Diskominfostandi Kabupaten Pulang Pisau, Moh. Insyafi dengan materi Kelembagaan PPID Utama dan PPID Pelaksana, kemudian dilanjutkan oleh pemaparan materi oleh Wakil Ketua KI Provinsi Kalteng, Setni Betlina dengan materi Peraturan KI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik. Bertindak selaku moderator Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informatika Diskominfostandi Kabupaten Pulang Pisau, Wardoyo. (Diskominfostandi Kab. Pulang Pisau).