Bupati : “Komitmen Pemkab Bersama PT. Nagabhuana Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal”

266

Hal tersebut diucapkan Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo, S.Sos., MM., saat diwawancara disela kesibukan kunjungan kerjanya bersama Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG), Nazir Foead meninjau Pabrik pengolahan kayu, PT. Nagabhuana Aneka Piranti, di desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Senin (26/08/2019).

Ia juga menyampaikan bahwa Program R3 BRG di wilayah Pulang Pisau, merupakan program revitalisasi ekonomi yang menjadi angin segar bagi masyarakat Pulang Pisau, karena BRG telah mendorong untuk terwujudnya Hutan Rakyat yang saat ini sedang dijalankan, dan dicanangkan pula sebagai suplai bahan baku industri pengolahan kayu. Sehingga Keberadaan hutan rakyat dan hutan desa disesuaikan untuk tanaman sengon dan tanaman lainnya, menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada, jelas Bupati.

Dan Ia berharap, Pulang Pisau sebagai contoh pengembangan industri pengolahan kayu dengan tetap memprioritaskan tenaga kerja lokal sebagai karyawan, karena hal tersebut sudah menjadi komitmen bersama Pemerintah Daerah dengan PT. Nagabhuana, sehingga kesejahteraan masyarakat Pulang Pisau kedepannya semakin meningkat, pungkasnya.

Di tempat yang sama, pihak PT. Nagabhuana membenarkan pernyataan Bupati yang akan memprioritaskan tenaga kerja lokal sebagai karyawan, dijelaskan bahwa kebutuhan tenaga kerja telah tersusun secara bertahap sesuai dengan kebutuhan perusahaan sekitar lebih kurang 1.600 sampai dengan 1.700 orang akan direkrut sebagai tenaga kerja langsung di pabrik, dan jumlah tersebut belum termasuk tenaga outsourcing yang nantinya mengisi sebagai karyawan administrasi, dll. Mereka juga menegaskan sudah menjadi komitmen perusahaan, bahwa tenaga kerja lokal akan di didik dan di arahkan menjadi karyawan yang expert di perusahaan pengolahan kayu lapis ini. (wd/foto : iql)