Bupati Minta Keberadaan Penyandang Disabilitas Terus Dipantau

142

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pulang Pisau diminta terus memantau keberadaan penyandang disabilitas. Hal itu dikatakan Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo.

Bupati mengatakan, pihaknya tidak ingin adanya penyandang disabilitas khususnya gangguan jiwa yang diperlakukan tidak manusiawi. Sebab, penyandang disabilitas ini merupakan tanggung jawab pemerintah.

“Saya minta ini jadi perhatian Dinsos. Terus cek jangan sampai ada penyandang disabilitas yang diikat atau diperlakukan tidak manusiawi,” kata Edy, Senin (20/04/2020).

Ia juga menambahkan, dirinya memahami permasalahan penyandang disabilitas ini terkadang terkendala keluarganya yang kadang menyembunyikan jika ada salah satu anggota keluarganya yang menderita disabilitas.

“Sehingga oleh pihak keluarga, penyandang disabilitas ini diikat, dirantai, dikurung atau sebagainya. Padahal ini sama sekali tidak boleh dilakukan,” tegasnya.

Bupati menjelaskan, ini adalah tugas Dinsos untuk memberikan edukasi kepada keluarga yang bersangkutan dan Pemerintah  ingin membantu.

“Saya juga meminta agar masyarakat yang ada memiliki anggota keluarga penyandang disabilitas agar melapor ke Dinsos untuk dilakukan penanganan,” tandasnya. (bdr/edit : wd)