Bupati Pimpin Apel Gabungan OPD Hari Pertama Kerja Di Tahun 2020

317

Ada pemandangan berbeda pada apel gabungan kali ini, saat Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo memimpin Apel Gabungan OPD untuk mengawali hari pertama masuk kerja setelah menjalani libur Tahun baru 1 Januari kemarin, bertempat di halaman kantor Bupati, Kamis (2/1/2020), karena masing – masing kepala OPD yang langsung menjadi komandan pada masing – masing dinas dan melaporkan kehadiran pegawainya kepada pembina apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Pulang Pisau.

Pada kesempatan apel kali ini, Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum yang sangat penting dan strategis untuk merenungkan kilas balik Kabupaten Pulang Pisau dan mengevaluasi hasil kinerja di tahun 2019 yang lalu, untuk itu ada beberapa poin penting yang tetap menjadi catatan mengawali tahun 2020 ini, diantaranya beliau berharap di tahun baru ini semakin meningkatkan motivasi untuk memperbaharui pola pikir sebagai aparatur pemerintah yang bertugas untuk melayani bukan dilayani, meningkatkan kreatifitas dan inovatif dalam bekerja, meningkatkan fungsi koordinasi integrasi dan singkronisasi dalam menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku, sejalan dengan mewujudkan Kabupaten Pulang Pisau yang di dalamnya terwujud masyarakat Pulang Pisau yang inovatif, maju, berkeadilan dan sejahtera.

ia juga berharap, di tahun 2020 ini – yang merupakan tahun ke dua masa pemerintahan periode kedua Edy – Taty – dapat mewujudkan visi yang telah dicanangkan dan terealisasi tepat waktu dalam tahap pencapaiannya, untuk itu Bupati mendorong untuk terus  inovatif – yang tidak harus selalu dengan penemuan baru namun – menjadi kreatif dalam segala sudut pandang kinerja sehingga melahirkan terobosan – terobosan baru di masing – masing OPD.

Selanjutnya, Beliau juga menyampaikan sekilas pencapaian yang telah diraih di tahun 2019 lalu, diantaranya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 4 (empat) kali secara berturut – turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Tengah, untuk itu dirinya sangat mengapresiasi atas kerja keras yang telah dilakukan oleh Kepala OPD dan seluruh jajarannya atas prestasi tersebut. Kemudian berhasil meraih penghargaan Kriteria Kabupaten/ Kota Peduli HAM 5 (lima) kali berturut – turut  dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Progres Rencana Aksi Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (KORSUPGAH) Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau berdasarkan penilaian KPK RI yang mencapai 76% per 31 Desember 2019 dengan posisi pada peringkat ke 3 (tiga) tertinggi di Provinsi Kalimantan Tengah dan posisi ke 14 (empat belas) besar se – Kalimantan, berdasarkan indikator penilaian : sistem perencanaan dan penganggaran, optimalisasi pendapatan asli daerah, penyaluran dana desa, manajemen ASN, dan terkait dgn PTSP.

Dan prestasi dalam Menerapkan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) pada seluruh  Kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau. Untuk itu Bupati sangat berterima kasih kepada semua pihak terkait atas kinerja dan pelayanan terbaiknya sehingga mampu meraih semua prestasi tersebut.

Selanjutnya, ditahun 2020, Bupati juga menyampaikan bahwa sudah direncanakan program untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau, diantaranya Penataan kota pulang Pisau, peningkatan pembangunan infrastruktur (jalan), program Perumahan dan Pemukiman, yang telah mendapat apresiasi dari pemerintah pusat karena cepat menindaklanjuti dan dijalankan dengan baik.

Terakhir, Bupati berpesan kepada seluruh ASN untuk terus membuka cakrawala, serap dan adopsi ilmu pengetahuan dan pengalaman yang ada di daerah lain untuk mendukung kemajuan pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau tercinta ini.(wd)