Bupati Pulang Pisau Minta SOPD Proaktif Lobi Program Pemerintah Pusat

95

Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Kabupaten Pulang Pisau diminta untuk proaktif melobi anggaran pemerintah pusat. Sebab, di kementerian banyak sekali program yang bisa dilobi agar masuk ke daerah. Hal tersebut diungkapkan Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo saat melayani wawancara dengan rekan media, selasa (10/03/2019)

Bupati berharap pembangunan daerah bukan hanya bertumpu pada APBD saja. Namun Apabila ada bantuan dari anggaran pemerintah pusat maka percepatan pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau akan semakin tercapai Karena jika hanya berharap pada APBD, tentu pembangunan hanya akan berjalan sesuai dengan kemampuan anggaran daerah saja.

“Tetapi jika dana pemerintah pusat masuk ke daerah, maka pembangunan tentu agar bergerak lebih cepat,” kata Edy.

Ia juga menjelaskan, bahwa untuk gaji ASN saja sudah hampir setengah dari APBD. Sehingga untuk porsi pembangunan itu terbagi.

“SOPD di Pulang Pisau jangan hanya pasrah dengan anggaran yang diberikan. Tetapi, SOPD harus proaktif mencari dana di pemerintah pusat,” pinta bupati.

Edy menegaskan, dirinya membuka lebar kesempatan untuk SOPD yang memanfaatkan program-program pemerintah pusat. Bahkan, Edy mengaku dirinya siap mendampingi untuk meyakinkan pemerintah pusat.

“Tinggal bagaimana kita meyakinkan pemerintah pusat bahwa daerah kita sangat membutuhkan. Semakin banyak dana pemerintah pusat masuk ke daerah, maka akan semakin cepat maju pembangunan di daerah kita,” pungkasnya. (bdr)