Bupati Pulang Pisau Sambut Kedatangan Direktur Kemenparekraf/ Baparekraf RI di Desa Pilang

213

 

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo beserta jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau menyambut kedatangan Direktur destinasi regional II, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/ Baparekraf) RI, Wawan Gunawan, di Desa Pilang Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Selasa (4/8/2020).

Kedatangan Direktur destinasi regional II Kemenparekraf/ Baparekraf tersebut sehubungan dengan adanya gerakan REBOUND/kepariwisataan di Desa Pilang.

Bupati menuturkan, Indonesia umumnya dan Kabupaten Pulang Pisau khususnya sedang mengalami pandemi Covid-19, tetapi kondisi ini tidak membuat berlarut-larut untuk lockdown, tidak ada istilah tidak mengerjakan pekerjaan yang harusnya bisa dikerjakan,  apalagi berkaitan dengan pekerjaan yang memiliki potensi luar biasa, salah satunya adalah terkait dengan objek-objek kepariwisataan yang memiliki nilai sangat baik/kreatif untuk daerah.

Selanjutnya Bupati Menjelaskan, Desa pilang sudah bekerjasama dengan BOS Nyaru Menteng dan Borneo sawit untuk penangkaran konservasi orang utan, karena dinilai akses ke daerah inilah yang terdekat dengan hanya menggunakan perahu kecil (klotok/sampan) menyeberang menyusur sungai sudah bisa sampai kelokasi penangkaran orang utan.

Sehingga ini merupakan salah satu daerah bisa kita kerjasamakan atau kita angkat sebagai salah satu objek tujuan wisata kedepan selain wisata Tanjung Puting dan Nyaru Menteng” Katanya.

Dipaduserasikan dengan masyarakat sekitar yang tentunya sangat memahami cara mengelola sumber daya alam dengan kearifan lokal, diantaranya sumberdaya alam rotan yang bisa diolah menjadi kerajinan sovenir khas daerah ini” Tukasnya.

Sementara itu, Direktur destinasi regional II, Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Gunawan, mengatakan bahwa dirinya sepakat dengan yang dikatakan Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo yakni pihaknya memiliki komitmen yang kuat guna menggali potensi wisata yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.

Peran Kementerian Pariwisata yang hadir disini adalah sebagai pendampingan, tentu apabila dari Pemerintah Daerah menekankan bahwa setiap tempat adalah destinasi, setiap kegiatan adalah atraksi, setiap pejabat dan setiap masyarakat sekitar disini adalah pelaku/pemandu wisata, serta setiap orang yang datang kesini adalah promotor (promosi) yang mempromosikan daerah tersebut,

maka Kementerian Pariwisata siap mendukung yang dikatakan pak Bupati bahwa memiliki komitmen yang jelas tentang bagaimana untuk membangkitkan pariwisata dalam era baru (new normal) ini. Wisata alam di Pulang Pisau ini sudah sangat luar biasa, begitupula dengan wisata Budayanya, nilai kreatifnya ada, nilai komitmennya ada nilai keberlanjutannya juga ada, artinya tidak hanya seremoni saja.” Tandasnya. (HandepHapakat-01/edit : wd/doc. MCPulpis)