Bupati Pulang Pisau Sambut Kunjungan Ayah Bunda GenRe Kalimantan Tengah beserta Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah

239

Pulang Pisau, Diskominfostandi – Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M. didampingi istri (Hj. Nunu Andriani) menyambut hangat kunjungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalteng dan Forum GenRe Kalteng dalam rangka kegiatan Safari Genre bersama Ayah dan Bunda Genre Kalteng di Rujab Bupati, Jl. Panunjung Tarung, Jum’at (09/04/2021). Kegiatan berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

“Kunjungan tersebut dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi, sekaligus sebagai sarana audiensi Ayah dan Bunda Genre (Generasi Berencana) Provinsi Kalteng dalam rangka memperkenalkan Genre. Pun, diharapkan moment yang berharga tersebut dapat menghasilkan kerjasama antara pemerintah kabupaten Pulang Pisau dan pengurus Genre kabupaten Pulang Pisau, agar bersinergi dalam menyukseskan program Genre,” ujar Muhammad Hasfi, SH., yang juga merupakan Ketua Forum Genre Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kita sangat mendukung, bahwa pembinaan generasi muda itu tidak harus satu arah, tapi juga bisa dua arah yang mana maksudnya ada timbal balik. Kita mendukung dalam bentuk anggaran, tapi programnya mereka juga harus bangkit. Jadi, mereka yang membuat ide gagasan untuk membantu program yang kita inginkan yang lebih baik demi pembinaan generasi muda bangsa melalui Genre,” Ungkap Bupati Pulang Pisau sebagai wujud apresiasi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BKKBN Prov. Kalteng, M. Irzal, SE., ME. turut hadir sbagai perwakilan dari BKKBN Prov. Kalteng. “Terima kasih, pada hari ini kita sudah mendapat dukungan dari pihak pemerintah kabupaten Pulang Pisau. Selanjutnya kita tetap memberikan, arahan dan motivasi kepada anak-anak remaja supaya ikut dalam setiap kegiatan, sehingga terjalin interaksi. Semoga saja dengan adanya kegiatan ini, kami dari BKKBN berharap remaja-remaja kita menjadi remaja yang ceria, sehat, dan mengurangi angka pernikahan dini, sesuai dengan salam khas Genre itu sendiri, yakni Zero Pernikahan Dini, Zero Pergaulan bebas, dan juga Zero HIV/AIDS dan Napza,” jelasnya.

(Ayah Genre dan Bupati Pulang Pisau)

Senada dengan harapan Kepala BKKBN Prov. Kalteng, Ayah Genre Jaya S. Monong, SE., M.Si. yang juga menjabat sebagai Bupati Kab. Gunung Mas menambahkan, “Kami berharap melalui Genre ini kedepannya terbentuk dan terbangun generasi berencana yang berkualitas dan dapat diandalkan. Melalui Genre, mereka dapat terhindar dari pergaulan bebas hingga pernikahan usia dini. Hal ini apabila direncanakan dengan baik,  maka dapat dijadikan langkah awal untuk mencegah stanting saat mereka akan berumah tangga nanti. Keseluruhannya kami mengharapkan lahirnya gerenasi Kalteng yang Harati, smart atau pintar di masa sekarang hingga akan datang.”

Bupati Pulang Pisau bersama Ayah dan Bunda Genre Provinsi serta Anggota Genre Pulpis

Sementara itu, pada waktu yang sama Ketua Forum Genre Kab. Pulang Pisau Gloria Marnola Sinta mengakui kegiatan-kegiatan Forum Genre memang sangat bermanfaat bagi pemuda dan remaja khususnya di kabupaten Pulang Pisau. “Untuk Genre Kab. Pulang Pisau, capaian pertama yang membanggakan ialah PIKR (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) Unggulan di prov. Kalimantan Tengah pada tahun 2020, kemudian Juara I BKR (Bina Keluarga Remaja) pada tahun 2020, dan kami berhasil melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui hari HIV AIDS dengan cara turun langsung ke lapangan membagikan pita dan tanda tangan, membantu penderita HIV AIDS dan lingkungannya agar lebih terbuka dan nyaman dalam bersosialisasi/berinteraksi. Meskipun antusiasme remaja di kab. Pulang Pisau cukup tinggi, tantangan nyata yang masih perlu kami hadapi ialah metode atau cara merangkul serta memperkenalkan Genre agar lebih masif lagi.” ujarnya kala itu. (ARR)

foto: Gloria Marnola Sinta