Bupati Pulpis Sambut Kunker Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya Sekaligus Peresmian Gedung Baru Pengadilan Negeri Pulpis

187

Pemkab. Pulang Pisau – Bupati Pulang Pisau (Pulpis), Pudjirustaty Narang hadiri peresmian gedung baru Pengadilan Negeri Pulpis Kelas II, sekaligus sambut Kunker Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Dr. Zainuddin di gedung baru Pengadilan Negeri Pulpis Kelas II, Jalan Lintas Kalimantan Pulpis, Senin (13/12/2021).

Pada penyambutan tersebut Bupati Pulpis didampingi Sekda. Pulpis, Tony Harisinta, Direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kab. Pulpis, dr. Muliyanto Budhiharjo, dan Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Pulpis Dr. Nenny Ekawaty Barus.

Bupati Pulpis mengucapkan selamat datang kepada rombongan Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya dan juga selamat atas diresmikannya gedung baru Pengadilan Negeri Pulpis Kelas II. Ia juga menerangkan betapa pentingnya fasilitas pelayanan publik, karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat Pulang Pisau demi keperluan berbagai hal yang berkaitan dengan hukum dan peradilan.

“Saya berharap, kunjungan Kerja Kepala Pengadilan Tinggi (KPT) Palangka Raya ini semakin mengeratkan dan menjalin sinergitas dengan Pemerintah Kab. Pulpis. Semoga peresmian gedung baru ini menjadi motivasi dan dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan selain membuat nyaman dan bersemangat semua staf di Pengadilan Negeri Pulang Pisau dalam meningkatkan kinerjanya.”, ujar Pundjirusty Narang dalam sambutannya.

Sebelumnya, Penyambutan Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Dr. Zainuddin, dilakukan dengan prosesi adat, Tetek Pantan (Potong Pantan) yang dipimpin oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kab. Pulpis, disusul kemudian tari-tarian daerah penyambutan tamu.

Acara kemudian berlangsung secara formal di ruang Persidangan Pengadilan Negeri Pulpis diawali sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Pulpis, Dr. Nenny Ekawaty Barus. Nenny, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedataangan para tamu undangan di acara peresmian, pembinaan, dan syukuran penempatan gedung baru Pengadilan Negeri Pulpis Kelas II.

Beliau (Nenny Ekawaty) memohon kerjasama seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau, turut serta dalam mempublikasikan perpindahan Kantor Pengadilan Negeri Kabupaten Pulpis Kelas II yang baru kepada khalayak umum, khususnya masyarakat Kab. Pulpis.

“Kiranya Bupati, Kejari, Sekda, Pabung, Kapolres dapat membantu kami melalui website atau Sosial Media (Sosmed) masing-masing untuk menyampaikan kepada khalayak umum bahwa Kantor Pangadilan Negeri Pulang Pisau sudah pindah dari kantor yang lama ke kantor yang baru,” ucap Nenny Ekawaty.

Selanjutnya, Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Dr. Zainuddin dalam sambutannya mengatakan, Kunker ke Pengadilan Negeri Pulpis dalam rangka pembinaan kepada pegawai Pengadilan Negeri Pulpis dan melihat keadaan gedung Pengadilan Negeri Pulang Pisau Pasca dibangunya gedung baru tersebut.

“Dengan selesainya pembangunan Gedung Pengadilan Negeri Pulang Pisau ini agar kiranya pelayanan menjadi lebih optimal dan semoga Pengadilan Negeri Pulang Pisau bisa menjadi percontohan bagi Pengadilan Negeri di daerah lain,” tegasnya.

Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Dr. Zainuddin kala itu hadir beserta Tim dari Pengadilan Tinggi Palangka Raya, terdiri dari Hakim Pengawas Daerah (HPD), Panitera, dan Sekretaris serta Ketua Dharmayukti Karini Daerah Pengadilan Tinggi Palangka Raya.

Turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Pulpis, Dr. Priyambudi, S.H., M.H., Wakapolres Pulpis, Kompol Nandi Indra Nugraha, Pabung 1011/KLK Mayor Arh Subur Harsono, Ketua Pengadilan Agama Pulpis Erpan, S.H., M.H., dan Kepala Disbudpar, Bakzar Effendi.

Usai syukuran, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ruangan-ruangan gedung Pengadilan Negeri Pulang Pisau oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya beserta Tim, didampingi Ketua, Wakil, Para Hakim, Panitera, Sekretaris, dan PPK Pengadilan Negeri Pulpis. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya berserta Tim.

Pada kegiatan pembinaan tersebut, Pengadilan Negeri Pulpis menyampaikan beberapa kendala yang didapati, baik teknis maupun non teknis.  Hal tersebut selanjutnya ditanggapi oleh Tim Pengadilan Tinggi Palangka Raya.

HPD pada kesempatan itu mengingatkan bahwa sekitar bulan Februari akan dilakukan surveillance terkait penilaian akreditasi Pengadilan Negeri Pulpis. Mka dari itu,  Pengadilan Negeri Pulpis dapat segera menyiapkan segala hal sesuai dengan pendataan Akreditasi Penjaminan Mutu.  HPD menghimbau Pengadilan Negeri Pulpis segera melakukan penataan ruangan sesuai dengan prinsip 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin). (Dokumentasi Diskominfostandi Kab. Pulang Pisau)