Bupati Serahkan Alat Penunjang Kesenian Tradisi Kepada 12 Sanggar di Wilayah Kab. Pulang Pisau

56

Pemkab. Pulang Pisau – Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang atas nama Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menyerahkan alat kesenian tradisional kepada 12 sanggar penerima bantuan yang berada di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau, berupa gong, bedug, gendang manca, gendang karempet, katambung, saron, kangkanung, kecapi, rebab, dan suling. Bertempat di Lobby Kantor Bupati Pulang Pisau, Selasa (21/12/21).

Penyerahan diterima langsung oleh sejumlah pimpinan sanggar yang hadir sebagai perwakilan penerima bantuan secara simbolis.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau, Bakhzar Effendi, menyampaikan, 12 sanggar penerima bantuan penunjang kreatifitas tersebut termasuk diantaranya sanggar-sanggar sekolah dan sanggar yang dibentuk oleh lembaga adat/ masyarakat.

“Sanggar-sanggar yang menerima bantuan itu yaitu, Sanggar Seni Kamelo Iring Unjung Desa Henda, Sanggar Danom Bajaroh Kecamatan Kahayan Hilir, Sanggar Kesenian Tampung Penyang Desa Maliku, Sanggar Tari Riwut Andau Desa Bukit Jabiren, Sanggar Talenta Asi Desa Bukit Rawi, Sanggar Putir Santang Desa Pangkoh Hulu, Sanggar Seni dan Budaya Perguruan Palampang Penerus Tinjek Desa Mintin, Sanggar Seni dan Tari Tingkap Raya SMK Karya Pulang Pisau, Sanggar Handep Hapakat SMKN 1 Pulang Pisau, Sanggar Seni SMAN 1 Kahayan Hilir, Sanggar Seni dan Budaya Bereng Hapakat Kelurahan Bereng, dan Lembaga Pengelola Hutan dan Desa, Desa Tangkahen,” jelas Effendi.

Effendi menjelaskan bahwa Disbudpar Kab. Pulang Pisau dalam hal ini mewujudkan pelaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan yang dimaksud salah satunya ialah turut serta melengkapi dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan melalui kegiatan penyerahan peralatan kesenian kepada kelompok-kelompok seni budaya kreatif yang masih aktif dan peduli akan kelestarian budaya Dayak di Kab. Pulang Pisau.

Ia juga mengharapkan agar bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan sanggar-sanggar dalam hal seni tradisi dan juga pelaksanaan kebudayaan lainnya khususnya ritual-ritual yang berkaitan dengan kebudayaan.

“Harapanya alat musik yang diserahkan ke masing-masing sanggar bisa digunakan dengan baik dan sebaliknya pihak sanggar memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di bidang kebudayaan yang ada di Kabupaten Pulang Pisau,” ungkap Effendi. (Diskominfostandi Kab. Pulang Pisau)