Bupati : Tantangan Bagi Dekranasda Membangun Industri kreatif Berbasis Digital

155

Organisasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (dekranasda) Kabupaten Pulang Pisau merupakan wadah untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan serta memajukan usaha industri kerajinan, berperan untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan serta bertujuan untuk meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya yang sebagian besar merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM). Selain itu, dekranasda juga merupakan organisasi yang berfungsi sebagai pembina bagi pelaku industri kerajinan dengan berbasis pada Sumber Daya Alam, budaya dan kreatifitas.

Untuk itu, berdasarkan Surat Keputusan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (dekranasda) Kabupaten Pulang Pisau Nomor 01/Dekranasda-Kabupaten Pulang Pisau/I/2019 pembentukan kepengurusan dekranasda dibentuk, dan Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo selaku pembina dekranasda Kabupaten Pulang Pisau bersama unsur FKPD secara langsung menghadiri acara pelantikan pengurus dekranasda Kabupaten Pulang Pisau periode 2018 – 2023 sekaligus Rapat Kerja Dekranasda Kabupaten Pulang Pisau tersebut, bertempat di aula Kantor Dinas Kesehatan, senin (25/03/2019).

Dalam sambutannya, Bupati sangat mendukung peran Dekranasda Kabupaten Pulang Pisau, menurutnya kegiatan ini merupakan bentuk keperdulian terhadap industri kecil dan kerajinan daerah sekaligus tantangan untuk dapat membawa industri kerajinan kreatif tersebut di era digital saat ini, dimana bangsa kita sedang menuju korporasi zero rekonstruksi industri berbasis digital dalam menggali berbagai potensi, baik itu kegiatan industri yang berskala besar maupun berskala kecil.

Menurutnya moment ini juga merupakan langkah awal untuk membangun daerah melalui langkah – langkah konkrit dekranasda bersama instansi terkait. Selaku pembina dekranasda kabupaten, Bupati menyarankan sekaligus memberi tantangan untuk membangun industri kreatif berbasis digital, dengan cara menampilkan sekaligus memasarkan hasil kerajinan secara online dengan menggunakan aplikasi, sehingga dapat menjangkau wilayah yang lebih luas. Dirinya pun berharap hal tersebut tidak hanya sekedar wacana tapi dalam bentuk kerja nyata dalam menghadapi tantangan agar lebih kreatif, inovatif dan berdaya saing. Untuk itu bupati berharap para pengurus yang telah dilantik dapat berperan aktif dan bertanggung jawab moril untuk menciptakan pengrajin dan pelaku usaha untuk memiliki kratifitas tinggi sehingga dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan daerah yang berbasis ekonomi kreatif.(iql/wd (edit)/foto: Admin)