Bupati Webinar Bersama LPPSP FISIP UI, Apa Yang Dibahas?

189

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo melakukan web seminar (Webinar) melalui daring zoom bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial Politik-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (LPPSP FISIP) Universitas Indonesia (UI), Kamis  (13/8/2020) berpusat di aula Mess Pemda setempat.

Saat diwawancarai usai kegiatan, Bupati menjelaskan seminar tersebut dalam rangka merancang pembangunan di Desa ditengah penanganan karhutla, dan selaku Bupati, ia  diberi kesempatan untuk memaparkan tentang apa yang dilaksanakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulang Pisau dalam upaya pencegahan Karhutla.

Seperti yang diketahui sebagian besar dibeberapa wilayah di Kabupaten Pulang Pisau merupakan gambut.

Jangan sampai ada stigma memiliki 59% gambut lalu ancamanya adalah kebakaran (karhutla), lalu kita tidak bisa melakukan apa-apa” Kata Edy.

Ia menuturkan dengan adanya perhatian dan dukungan semua pihak,  Pemda Pulang Pisau telah melakukan berbagai upaya secara maksimal dan baik. Salah satunya Alokasi Dana Desa melalui kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemda, tentang pemanfaatan anggaran untuk mengatasi karhutla.

Contohnya seperti Alokasi Dana Desa itu dipakai untuk pencegahan – antisipasi – di Desa-Desa yang rawan terjadi Karhutla. Contohnya Desa telah membuat atau mempersiapkan anggaran dan personilnya, jadi tidak usah menunggu, tinggal memfokuskan pada kerjasama lainnya, misalnya kita telah menyiapkan pos lapangan di Kabupaten sehingga tinggal koordinasi saja” Kata dia.

Selain itu, melalui Alokasi Dana Desa juga bisa dibuat program untuk meningkatkan perekonomian Masyarakat yang terdampak Karhutla contohnya melalui BUM-Des.

sudah banyak contohnya, Desa di Kabupaten Pulang Pisau ini yang terdampak karhutla menggunakan Dana Desa nya dengan baik, seperti di Desa taruna yang melakukan budidaya peternakan sapi, di Sei bakau yang melakukan usaha kepiting bakau, dan di salah satu Desa bertempat di Kecamatan Kahayan Kuala ada coconut oil, di Desa Gandang seperti keripik dan usaha rumahan lainnya, saya kira kerjasama yang dilakukan oleh Desa ini sangat baik dengan dukungan semua pihak. Dan masih banyak lagi di Desa Kab, Pulang Pisau rawan karhutla yang meningkatkan ekonominya melalui program BUM-Des/Alokasi Dana Desa.”

Stigma yang selama ini mengatakan bahwa kita pasrah terhadap ancaman kebakaran (karhutla),itu tidak benar, masyarakat telah diberdayakan melalui kegiatan-kegiatan yang memberikan ekonomi yang baik. Makanya melalui Webinar ini kita sampaikan bahwa inilah yang selalu dilakukan Kabupaten selama ini. Memang kita tidak sesempurna untuk mencapai semuanya, semua ada proses dan tahapan” pungkasnya. (Handep Hapakat01/edit : wd/ doc.MCPulpis)