Peran Data Statistik Sektoral dalam Pembangunan di Pulang Pisau

25

Pemkab. Pulang Pisau – Bupati pulang Pisau, diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Deni Widanarni, membuka secara resmi kegiatan Sinkronisasi Penyusunan Data Statistik Sektoral Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2021, di Aula Mess Pemda Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (25/10/22).

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Pulang Pisau tersebut, Bupati melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Deni Widanarni  dalam sambutannya mengatakan bahwa data statistik sektoral mempunyai peran penting dalam suatu pembangunan, dengan demikian bekerja berdasarkan data merupakan tugas yang harus dilakukan agar ke depan bisa semakin banyak manfaat yang diperoleh, karena baik tidaknya sebuah data sangat berpengaruh bagi berbagai program pembangunan yang ada di masyarakat.

“Melalui Sinkronisasi data serta menyamakan persepsi, nantinya  agar data yang di hasilkan merupakan data yang akurat dan berkualitas bermuara kepada Satu Data, maka pembangunan akan lebih terarah,” sampai Deni Widanarni.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Pada sambutannya ia mengatakan dengan adanya kegiatan sinkronisasi data, nantinya dapat dihasilkan data yang terpercaya, valid serta bisa dipublikasikan.

Perlu di ketahui bersama, di era keterbukaan informasi publik, data memiliki fungsi yang sangat strategis, yakni selain sebagai dasar suatu perencanaan dan membuat keputusan juga sebagai alat pengendali serta evaluasi terhadap pelaksanaan suatu pembangunan.

Pada sektor pembangunan tentunya sangat penting dilakukannya sinergi antara Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyedia data dasar dan Organisasi Perangkat Daerah sebagai penyedia atau sumber statistik sektoral.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Dimana Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggung jawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data.

Materi yang sampaikan pada sesi presentasi yaitu berkaitan dengan Data Statistik Sektoral. Selaku narasumber Aulia Fadyati Amini dari Badan Pusat Statistik Pulang Pisau selaku Koordinator Fungsi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik.

Kemudian dilanjutkan sesi Sinkronisasi Penyusunan Data Sektoral oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.

Turut hadir Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Pulang Pisau, Oo Suharto, Kepala Diskominfostandi Kabupaten Pulang Pisau Moh. Insyafi, Sekretaris Diskominfostandi Kabupaten Pulang Pisau, Lisa Navtratilova, serta para perwakilan dari Instansi/Badan Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Pulang Pisau (Diskominfostandi Kab. Pulang Pisau).