Bupati Hadiri Deklarasi Damai Calon Kades dalam Pilkades Serentak Tahun 2022

53

Pemkab. Pulang Pisau – Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang mengikuti pelaksanaan kegiatan Deklarasi Damai Calon Kepala Desa dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 20 Desa Wilayah Kabupaten Pulang Pisau di Aula Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (11/05/2022).

Turut hadir Sekda. Kab. Pulang Pisau, Tony Harisinta, unsur Forkopimda, Serta OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Deklarasi Damai Calon Kades tersebut merupakan rangkaian dari tahapan pelaksanaan Pilkades sebelum para calon Kades melaksanakan kampanye.

“Dalam proses demokrasi khususnya Pilkades pasti ada yang terpilih dan ada yang tidak terpilih sehingga diminta seluruh calon Kades memiliki tekad siap menang dan siap kalah,” ujar Bupati Pulang Pisau.

Bupati Pulang Pisau mengingatkan kepada para calon Kades untuk tidak membawa/menyebar isu yang mengandung unsur Suku, Agama, Ras, dan Golongan (SARA) terhadap calon lain dalam setiap proses dan tahapan selama pelaksanan Pilkades berlangsung.

Selain itu, Bupati menegaskan kepada para calon untuk tidak membawa atau melibatkan Kades, Perangkat Desa, Anggota BPD, dan Pengurus serta unsur Partai Politik dalam kampanye.

Pada akhir sambutannya, Bupati Pulang Pisau kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap memperhatikan Protokol Kesehatan sebagai usaha antisipasi dan pencegahan penularan Covid-19  klaster baru.

Sebelumnya, Ketua Panitia Deklarasi Damai, Deni Widanarni, selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari tahapan Pilkades serentak yang diikuti oleh 20 Desa pada lima Kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau tahun 2022.

“Deklarasi damai bertujuan sebagai wadah silatuhrahmi antar pada calon dengan seluruh panitia, Pimpinan Daerah, juga sebagai wadah untuk menyatukan tekad dan tujuan guna mewujudkan pelaksanaan Pilkades serentak secara langsung umum, bebas, rahasia, jujur, adil, damai, aman, tertib, demokratis serta bermartabat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa,” ujar Deni Widanarni.

Deny Widarta juga memaparkan, deklarasi damai calon Kades ini diikuti oleh 52 calon Kades yang siap berkompetisi sebagai calon Kades. Para calon diharapkan mampu menjunjung tinggi kejujuran, sportifitas dan mengedepankan etika serta menghindari unsur SARA dalam masa pelaksanaan Pilkades Serentak.

Usai penyampaian sambutan-sambutan, dilakukan Pembacaan Deklarasi damai oleh para calon Kades di 20 Desa Wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang mengikuti Pilkades Serentak tahun 2022 serta dilanjutkan dengan penandatangan berita acara Deklarasi yang dilakukan oleh Camat Kahayan Hilir, calon Kades Mentaren II, Panitia Pilkades Mentaren II, Ketua BPD Mentaren II.

Akhir acara diadakan foto bersama oleh peserta kegiatan Deklarasi Damai Calon Kades dengan Bupati, serta unsur Forkopimda dan Kabupaten Pulang Pisau. (Diskominfostandi. Kab. Pulang Pisau, Bidang Pengelolaan Informasi dan Telekomunikasi)