Gugus Tugas Covid-19 Gelar Rapat Evaluasi, Penanganan Pandemi di Pulang Pisau diperlengkap

228

Sehubungan dengan akan berakhirnya SK Bupati nomor 315 tahun 2020 tentang perpanjangan kedua status tanggap darurat penanganan bencana pandemi Covid-19 pada tanggal 31 Juli 2020 dan telah diterbitkannya peraturan Presiden RI nomor 82 tahun 2020 tentang komite penanganan corona virus desease 19 (Covid-19), tim Gugus tugas Covid-19 Pulang Pisau menggelar acara rapat evaluasi gugus tugas covid-19 bertempat di aula Bappedalitbang, Rabu (29/7/2020).

Acara tersebut dipimpin secara langsung oleh Pj. Sekda Pulang Pisau, H Saripudin yang juga merupakan Wakil Ketua III Gugus Penanganan Covid-19 Kab. Pulang Pisau dan dihadiri oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 dan instansi terkait lainnya.

Usai acara rapat evaluasi, saat diwawancarai, Saripudin menuturkan bahwa, mengacu pada peraturan Presiden RI nomor 82 tentang komite penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, dimana, merujuk pada hal tersebut, maka tim Gugus tugas Pulang Pisau melakukan perubahan nama dan struktur Tim penanganan Covid-19 yang sebelumnya Gugus penanganan Covid-19 berubah menjadi “Komite penanganan Covid-19”.

Lanjutnya menerangkan, perubahan tersebut bertujuan untuk menjadi lebih fokus dalam penanganan terhadap virus yang sedang mewabah tersebut, dimana ada tatanan untuk ekonomi yang terdampak, pencegahan dan lain sebagainya.

Intinya pekerjaannya lebih fokus, baik penguatan dalam bidang pencegahan dan penanganan, hingga pemulihan ekonomi sebagai dampak yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 ini, misalnya terkait masalah pemulihan ekonomi akan melibatkan Disperindagkop dan OPD lainnya yang terkait dalam hal ini, serta Perbankan dan dunia usaha” Ujar Saripudin.

Saripudin menuturkan bahwa hingga saat ini banyak pelaku usaha yang terdampak, oleh karena itu Pemkab Pulang Pisau ingin fokus menangani masalah pemulihan ekonomi tersebut. (HandepHapakat-01/edit : wd/ doc.  ist)