Hari Pertama Menjabat, Pj. Bupati Hadiri Acara Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis Kejaksaan Tinggi Kalteng

231

Pj. Bupati Pulang Pisau, Ir. Hj. Sunarti, MM terhitung sejak dilantik pada tanggal 3 agustus 2018 kemarin di istana isen mulang, palangka raya, langsung melaksanakan tugas perdana beliau menghadiri kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah di palangkaraya, sabtu (04/08/2018)

Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam rangka hari bhakti adhyaksa ke 58 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke XVIII Tahun 2018 yang di hadiri langsung oleh Jaksa Agung Repubik Indonesia, Bapak DR. (H.C) H.M. Prasetyo dan Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, ibu Ros Ellyana Prasetyo.

Sebagai wujud kepedulian dari kejaksaan yang selama ini dianggap sebagai instansi yang “kaku” yang hanya bertugas menindak, menangkap, menggeledah dan memenjarakan pelaku tindak pidana, namun melalui kegiatan ini bertujuan menampilkan sisi lain dari wajah kejaksaan yang memiliki kepedulian kepada masyarakat, khususnya penderita katarak karena di Indonesia penyakit ini menduduki peringkat kedua terbanyak di dunia, serta untuk mewujudkan kalimantan yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Dengan didasari semangat kejaksaan untuk mewujudkan kejaksaan yang dipercaya, dicintai dan dibutuhkan masyarakat, maka kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan beragam kesehatan dan meringankan bagi penderita katarak terutama masyarakat kurang mampu, serta untuk menurunkan persentase penderita katarak yang ada di kalimantan tengah itu sendiri.

Penjaringan pasien penderita katarak dilakukan di seluruh kabupaten/kota kalimantan tengah dengan melibatkan pemerintah provinsi kalimantan tengah melalui dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota,Dewan Adat Dayak provinsi kalimantan tengah,kejaksaan negeri yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum dan RRI pro 1 kalteng, dengan Jumlah pasien yang mendaftar mencapai 502 orang, namun karena merujuk pada persyaratan medis sehingga yang dapat di operasi hanya 358 orang.

Sehubungan dengan hal tersebut dalam keterangan singkatnya, Pj. Bupati menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Wilayah Hukum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan – terutama yang tidak memiliki kemampuan untuk operasi katarak dengan biaya sendiri – dan selaku pemerintah daerah dirinya tentunya mendukung dan sangat mengapresiasi.

selain itu kehadirannya pada kegiatan ini sebagai wujud tetap menjaga jalinan silaturahmi yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Dengan terjalinnya kerjasama antara pemerintah daerah dengan kejaksaan – yang berperan sebagai Tim Pengawas dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan – maka pelaksanaan pembangunan di segala bidang, terutama bidang infrastruktur dapat terkontrol dengan baik,dan dalam waktu dekat beliau akan segera berkoordinasi dengan forkopinda yang ada di kabupaten pulang pisau, sehingga terjalin keselarasan dan komunikasi antar FKPD.