Ingin Memajukan Ekonomi kreatif Berbahan Baku Ikan, Pemkab Pulang Pisau Lakukan Kaji Banding Ke Sukamara

153

Kabupaten Pulang Pisau memiliki potensi perikanan yang cukup besar untuk dikembangkan, terutama perikanan hasil laut. Untuk itu, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Hanafi bersama dengan Rombongan Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda melakukan Kaji Banding ke Kabupaten Sukamara, kamis (27/08/2020).

walaupun masih dalam kondisi pandemi covid 19 seperti saat ini, tidak menyurutkan Pemkab Pulang Pisau untuk melakukan kaji banding ke Kabupaten Sukamara. Dipilihnya Kabupaten Sukamara sebagai tujuan Kaji banding karena daerah ini juga sudah terkenal dengan hasil pengolahan berbahan baku ikan, diantaranya kerupuk amplang, kerupuk kering ikan belida/ pipih, dan kerupuk basah, serta ikan asin. Dan kunjungan ini disambut sangat baik oleh Pemkab Sukamara yang dipimpin langsung oleh Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setda Sukamara, Zulkifli.

dalam keterangan singkatnya Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Pulang Pisau menerangkan tujuan dilakukannya kaji banding ini ingin belajar dan melihat langsung pengolahan berbahan baku ikan yang nantinya dapat diterapkan di Kabupaten Pulang Pisau.

kedatangan kami ke sini (Kabupaten Sukamara) ingin belajar tentang pengolahan makanan berbahan baku ikan, karena di sini sudah banyak macam hasil produk yang berbahan baku ikan.” terang hanafi.

ia juga menjelaskan keinginan Pemkab Pulang Pisau yang ingin memajukan ekonomi kreatif berbahan baku ikan karena Pulang Pisau juga memiliki Potensi yang cukup besar mengembangkan pengelolaan ini.

kedepannya, hasil ilmu dari kaji banding ini akan kami sosialisasikan kepada masyarakat, karena kami juga ingin memajukan perekonomian rakyat di Kabupaten Pulang Pisau dengan melirik sektor perikanan ini, karena Kabupaten Pulang Pisau juga memiliki potensi besar dengan hasil perikanan lautnya.” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Sukamara, Zulkifli sangat menyambut baik keinginan Pemkab Pulang Pisau menyerap ilmu dari Kabupaten Sukamara dalam pengembangan hasil pengolahan berbaku ikan seperti yang diketahui sudah dikenal sampai ke luar pulau kalimantan dengan hasil produksi kerupuk dan amplang-nya.

kami sangat berterimakasih atas kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau yang ingin belajar tentang pengolahan berbahan baku ikan, ini menandakan produk olahan kami sudah dikenal masyarakat luas dan tentunya hal ini juga meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya bagi pelakuĀ  UKM.” ujar zulkifli dalam sambutannya.

Selain itu, Kegiatan Kaji Banding kali ini juga melakukan kunjungan lapangan yakni mengunjungi Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten sukamara dan ke sentra kerajinan pengolahan langsung kerupuk amplang, kerupuk basah dan kerupuk kering berbahan baku ikan “Hj. Aluh Anga” yang difasilitasi langsung oleh Pemkab Sukamara dan didampingi oleh kepala dinas perikanan sukamara, Pandedi. (wd)