Investor Korea Lirik Pulang Pisau

113

Investor dari asal Korea yang diketuai oleh David D.H. Bak mengadakan rapat bersama dengan Pemkab Pulang Pisau yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Pulang Pisau, ibu Pudjirustaty Narang didampingi Plt. Asisten II Setda Pulang Pisau Halidi, Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau Slamet Untung Riyanto dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Riduan Syahrani, bertempat di ruang rapat Bupati setempat, Jumat (5/7/2019).
Maksud kedatangan investor tersebut adalah keinginannya untuk berinvestasi di Pulang Pisau, hal itu disampaikannya pada Rapat pertemuan dengan Pemerintah Kabupten Pulang Pisau. Salah satunya ingin menanam perkebunan gula, akan tetapi bukan berupa tanaman tebu melainkan dari Perkebunan dari jenis Stevia (stevia adalah tanaman yang diolah menjadi pemanis alami bebas kalori atau disebut juga gula stevia).


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto mengatakan bahwa akan mendorong pengembangan gula stevia tersebut.
“Kita menyambut dengan baik dan ini nyambung sekali dengan keinginan Bupati untuk menjadikan Pulang Pisau sebagai kawasan industri khusus,” katanya.


Namun, mungkin ada hal yang perlu diteliti untuk pengembangan tersebut, terutama adalah masalah kecocokan tanah, karena 60% tanah di Pulang Pisau adalah gambut.
“Seperti tanaman tebu sudah dicoba, tumbuh ya tumbuh tapi rendemen gulanya tidak sesuai harapan,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Pulang Pisau mengatakan bahwa sangat menyambut baik hal tersebut.
“Sangat mendukung dengan keinginan investor untuk melakukan pengembangan stevia di Pulang Pisau” Ujar Wabup.
Selain itu, Investor dari Korea tersebut juga berkeinginan untuk mendirikan Pabrik galangan Kapal. (Krwn/edit : wd/ foto  MC)