Kegiatan Mentan RI Saat Kunjungan Kerja ke Pulang Pisau

116

Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), Syahrul Yasin Limpo melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (31/8/2020).

Kunjungan kerja Mentan RI kali ini untuk meninjau pengembangan food estate di Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, juga dirangkai dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, dalam rangka tanam perdana program Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas pada lahan seluas 30 ribu hektare.

Saat berada di lokasi food estate, Syahrul Yasin Limpo meninjau pengolahan lahan dan penanaman padi yang dilakukan secara modernisasi oleh petani dan juga menanam benih jeruk serta meninjau penanaman benih menggunakan drone.

Syahrul mengatakan Provinsi Kalimantan Tengah memiliki potensi lahan pertanian seluas 164.000 hektare yang bisa dikelola ekstensifikasi seluas 79.000 hektare, dan dia berharap tahun ini semoga 30.000 sudah bisa optimalisasinya.

Dikegiatan itu juga ia menyerahkan bantuan secara simbolis berupa bibit padi, benih jeruk serta sejumlah bantuan sarana dan prasarana produksi pertanian diantaranya alat mesin pertanian berupa 98 unit traktor roda empat, 150 unit traktor roda dua, dan 35 unit rice transplanter, KUR Usaha Pertanian Padi dari Bank Mandiri sebesar Rp 150.000.000 dan Rp 100.000.000 untuk KUR Pertanian petani di Kabupaten Kapuas.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Pertanian didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Sugianto Sabran, Sekda Pulang Pisau, H Saripudin mewaliki Bupati Pulang Pisau, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau. (h2-01/edit : wd/doc. subbag.protokol)