KMP. Drajat Paciran Uji Sandar Kelayakan

559

Setelah melakukan Uji kelayakan Kapal beberapa waktu lalu, Kapal Muatan Penumpang (KMP) Drajat Paciran melakukan Uji sandar di Pelabuhan Bahaur, Senin (06/08). Kapal Muatan Penumpang (KMP) ini menempuh sekitar 20 jam perjalanan, berangkat dari pelabuhan paciran pada pukul 11.30 wib kemarin menuju pelabuhan bahaur dan tiba pada pukul 07.30 wib pagi ini.

Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui dinas perhubungan berupaya semaksimal mungkin demi berlangsungnya pelayaran perdana dari Pelabuhan Bahaur ke Pelabuhan Paciran Jawa Timur yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2018 mendatang.

dalam wawancara singkatnya, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Pulang Pisau, Jhon Oktoberiman menuturkan Uji sandar Pelabuhan merupakan salah satu syarat untuk melakukan pelayaran. Artinya setelah melakukan Uji sandar pelabuhan maka Kapal KMP Drajat yang akan berlayar dari Pelabuhan Bahaur Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah menuju Pelabuhan Paciran Surabaya Jawa Timur dan sebaliknya, sudah mendapatkan izin.

ia berharap dengan adanya kapal KMP. Drajat ini, semua masyarakat dan pengusaha bisa memanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan perekonomian di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.

dirinya juga mengungkapkan, sesuai dengan arahan dari Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, bahwa barang Keluar masuk untuk Daerah Kalimantan Tengah yang melalui jalur laut atau perairan harus melewati Kalteng yaitu tempatnya di Kabupaten Pulang Pisau ini, begitu pula Sebaliknya, untuk barang-barang seperti sembako dan lain sebagainya dari luar daerah (pulau jawa dan sekitarnya) harus melalui Pulang Pisau, jangan dari daerah lain, karena keberadaan KMP paciran ini bisa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menjadikan Pulang Pisau pintu gerbang keluar masuknya barang dari Kalimantan Tengah.

kedepannya, beliau berharap ketersediaan fasilitas untuk menunjang pelayaran dipelabuhan bahaur ini bisa lebih ditingkatkan, terutama pada sektor infrastruktur – yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan – dengan ketersediaan akses jalan yang mudah untuk dilalui maka akan semakin menambah minat masyarakat menggunakan KMP Drajat Paciran.