Musrenbang Perubahan RPJMD tahun 2018-2023 Dibuka oleh Pj Sekda Pulpis

73

Pulang Pisau, Diskominfostandi – Plt Sekretaris Daerah ((Pj Sekda) Kabupaten Pulang Pisau, Ir. Saripudin, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 di Aula Kantor Bappedalitbang kabupaten Pulang Pisau, Senin (26/4/2021).

Kegiatan dihadiri Wakil Ketua II DPRD Pulang Pisau, Nova Selvia Baboe, Ketua Komisi I, Tandean Indra Bella, Ketua Komisi II Yoppy Satriadi, dan beberapa anggota DPRD Pulang Pisau lainnya. Kemudian, kegiatan turut dihadiri Kepala SOPD Lingkup Pemkab Pulang Pisau, para camat dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, PJ Sekda mengingatkan kembali, saat ini Pandemi Covid-19 masih mewabah. Oleh karena itu, melalui Musrenbang Perubahan RPJMD ini, sinergitas pembangunan daerah dapat lebih meningkat, terutama dalam rangka pemulihan ekonomi dan dampak sosial di era Pandemi tersebut.

“Tak bisa dipungkiri, akibat Pandemi ini berdampak pada arah kebijakan kita, dari itu menjadi tugas bersama dalam pemulihannya, khususnya pemulihan ekonomi,” ucapnya saat menyampaikan sambutan.

Ir. Saripudin menegaskan, meski daerah terdampak Pandemi Covid-19, namun jangan sampai menyurutkan semangat membangun daerah walau dengan anggaran minim.

“Artinya program yang sudah disusun tetap berjalan, meski ditengah keterbatasan anggaran akibat refocusing anggaran akibat terdampak Covid-19,” pesannya dengan cukup singkat.

Pada kesempatan yang sama disampaikan Ketua Pelaksana kegiatan, Hendri Arroyo, bahwa kegiatan perubahan Musrebang ini berdasarkan undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional.

Lanjutnya, hal tersebut berdasarkan Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

“Kemudian lagi dasar kegiatan ini, ditambah oleh surat edaran (SE) Bupati Pulang Pisau nomor 134/91/BAPP/IV/2021 tanggal 21 April 2021 tentang pelaksanaan Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Pulang Pisau tahun 2018-2023.

“Jadi, kegiatan ini tidak lain bertujuan untuk menyepakati misi, tujuan dan sasaran pembangunan daerah. Kemudian, menyepakati strategi arah dan kebijakan pembangunan daerah serta perangkat daerah, juga menyepakati program perangkat daerah yang disertai kebutuhan pendanaan,” tutur Hendri Arroyo saat menyampai ketua pelaksana kegiatan.

“Atas kehadiran seluruh pihak pada kegiatan ini, kami sebagai pelaksanan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah menjalankan program pembangunan sesuai harapan kita bersama,” pungkasnya.

(ARR/AM)