Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Daerah, Pemda Kabupaten Pulang Pisau Tandatangani PKS

123

Pulang Pisau, Diskominfostandi – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menjadi salah satu dari 84 Pemda yang turut menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Optimalisasi Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Tahun 2021. Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo dalam seremoni Penandatanganan PKS yang berlangsung secara virtual melalui video conference di Aula Mess Pemda Pulang Pisau, (Rabu, 21/4/2021).

Acara penandatanganan PKS diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan berdoa bersama demi kelancaran kegiatan yang dipimpin langsung dari Aula Nagara Dana Rakca Gedung Radius Prawiro DJPK secara daring melalui Video Conference.

Direktur Jendral Perimbangan Keuangan Astera Primanto Bhakti dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksaaan kerjasama ini dilakukan secara virtual dengan harapan tidak mengurangi esensi apa yang dilakukan. dikatakan dampak Covid-19 berpengaruh terhadap global, sehingga menimbulkan kontraksi pertumbuhan yang negatif.
“Hal ini terjadi kebanyakan dari Pemda Provinsi di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan pemerintah daerah perlu memperkuat perpajakan daerah sebagai salah satu sumber PAD untuk meningkatkan kemandirian dan melaksanakan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo usai acara Penandatanganan PKS tersebut menyampaikan bahwa melalui kesepakan ini akan ada kiat-kiat yang bisa dilaksanakan demi mengoptimalisasi validasi data dan juga tukar menukar data sehingga dapat terintegrasi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dalam mengoptimalkan Pemungutan Pajak Pusat dan Pajak Daerah sesuai potensi riil yang ada di lapangan dengan pendampingan BPKP.

“Saya kira ini adalah momentum yang baik sekali dan selama ini memang kerja sama itu tidak ada MOU kan, nah jadi nanti akan ada langkah dan terobosan dalam rangka untuk mengoptimalisasikan dan memaksimalkan sektor pajak kedepannya,” ujarnya.

Melalui optimalisasi dan kerja sama ini H. Edy Pratowo berharap pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dapat melakukan pengkajian serta evaluasi terhadap Perda maupun Pergub dalam penyesuaian regulasi terbaru.

H. Edy Pratowo menambahkan Kabupaten Pulang Pisau saat ini mengemban amanah program nasional food estate yang pengaruhnya akan sangat besar terhadap perekonomian dan perpajakan Kabupaten Pulang Pisau.

“Dari hasil bidang pertanian dalam arti luas nanti ini juga salah satu potensi sumber pajak dan retribusi yang bisa kita ambil yang bisa memberikan kontribusi terhadap daerah.” ungkapnya.

(ARR)