Pemkab Pulang Pisau Gelar Pelatihan Manajemen Homestay/Pondok Wisata Tahun 2020

262

Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengadakan pelatihan manajemen Homestay/pondok wisata tahun 2020, dengan diikuti sebanyak 40 orang kelompok sadar pariwisata atau Pokdarwis di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, kegiatan ini dipusatkan di aula Bappedalitbang setempat, Senin (27/7/2020).

Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo dalam sambutannya yang disampaikan melalui Pj. Sekda, H. Saripudin – saat membuka kegiatan pelatihan manajemen homestay/pondok wisata tahun 2020- mengatakan bahwa homestay/pondok wisata merupakan salah satu sarana penting dalam mendukung destinasi wisata sebagai usaha kreatif masyarakat. Sehingga melalui hal itu mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi Masyarakat di daerah destinasi wisata.

Lanjutnya mengatakan, Homestay pondok wisata dibidang pelayanan kepariwisataan ini bertujuan untuk mendorong pelayanan prima pelaku usaha sektor industri pariwisata sekaligus meningkatkan kinerja dan daya saing bagi pembangunan kepariwisataan nasional dan tujuan lainnya juga untuk meningkatkan pendapatan bagi masyarakat lokal.

Oleh sebab itu, selaku Bupati Pulang Pisau ia menyatakan sangat setuju dengan kegiatan pelatihan homestay/pondok wisata ini dilaksanakan sebagai salah satu strategi pemerintah untuk melatih sumberdaya Manusia dibidang pariwisata secara khusus serta untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dibidang pengelolaan homestay pondok wisata.

Bahkan ini selaras dengan undang-undang RI nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan pada pasal 14 terdapat 14 jenis usaha jasa dibidang pariwisata, salah satu usaha jasa pariwisata adalah layanan akomodasi atau tempat menginap termasuk didalamnya adalah homestay pondok wisata” ujarnya.

Melalui kegiatan pelatihan manajemen homestay tersebut, diharapkan pula para peserta mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasannya bertambah serta mengetahui alur bagaimana cara mendirikan homestay pondok wisata.

Sementara itu,pada kesempatan berbeda Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pulang Pisau, Osa Maliki, menyampaikan secara singkat bahwa kegiatan ini diikuti Pokdarwis dari Desa Tangkahen, Bukit Rawi, Bukit Hamba, Pilang, Gohong, Buntoi, Mantaren dan pihak manajemen penginapan di Kabupaten Pulang Pisau dengan  jumlah peserta sebanyak 40 orang. (handepHapakat-01/edit : wd/ dok. MCPulangPisau)