Pemkab Pulang Pisau Ikuti Video Conference, Ini Kata Bupati Pulang Pisau

386

Dalam rangka darurat bencana Corona Virus (Covid-19) Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan Video Conference antara Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran dengan Bupati/Walikota se-Kalteng. Dan Pada Kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau turut berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut, bertempat di ruang rapat Bupati setempat, Rabu (18/3/2020).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, Polres Pulang Pisau, TNI, Sekda, Kepala Dinkes, Kepala BPBD, Kemenag, dan Kepala OPD lingkup Pulang Pisau.

Bupati Pulang Pisau mengatakan Pemerintah daerah sudah menetapkan siaga darurat bersama Pemerintah Provinsi selama 28 hari kedepan terhitung mulai 17 Maret-13 April 2020.

Rencananya Pemkab Pulang Pisau akan memperketat pengawasan dan antisipasi terhadap covid-19 ini seperti mengawasi jalur keluar masuk daerah contohnya seperti pelabuhan dan lain sebagainya dengan memeriksa keadaan suhu tubuh dan lainnya sebagai upaya pendeteksian.

Lanjutnya menuturkan, yang terpenting adalah bagaimana upaya pencegahan diwilayah masing-masing itulah yang harus disampaikan, dimana masyarakat yang batuk, flu, atau demam untuk segera dibawa ke Puskesmas untuk diberikan perawatan sejak dini.

“Jangan sampai di Desa tidak tertangani, karena mencegah lebih baik daripada mengobati” Ujarnya.

Untuk Puskesmas, Bupati meminta agar dibuat ruangan khusus untuk penderita batuk, flu dan demam artinya jangan digabung dengan pasien umum.

“Jadi kalau gejalanya batuk, flu, pilek, demam itu lebih baik disediakan ruangan khusus dan tidak berbaur dengan pasien lainnya” Kata Bupati.

Kalau pasien yang memiliki gejala tersebut ada perjalanan keluar daerah, maka Puskesmas diminta untuk berkoordinasi ke tim yang ada di Kabupaten.

Bupati berpesan kepada Masyarakat semua kalangan di Kabupaten Pulang Pisau untuk menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup dan menjaga kondisi badan.

Dan apabila merasa ada indikasi terhadap Covid-19 ini, Bupati  berpesan agar sesegera mungkin menghubungi Call Center yang telah disediakan Pemerintah Daerah dengan nomor telepon Dinkes Pulang Pisau (0821-5376-4005) dan RSUD Pulang Pisau (0852-4574-9601). (krwn/ edit :wd/ foto : iqbl)