Pemkab. Pulang Pisau Lepas Kontingen Jambore Nasional XI Tahun 2022

140

Pemkab. Pulang Pisau – Pemkab. Pulang Pisau melalui Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang melepas secara resmi kontingen Praja Muda Karana (Pramuka) Kab. Pulang Pisau untuk mengikuti Jambore Nasional XI Tahun 2022 di Kantor Bupati Pulang Pisau, Kamis (11/8/2022).

Bupati berpesan sekaligus menyampaikan harapan kepada para pendamping dan seluruh kontingen peserta Jambore XI Tahun 2022 untuk senantiasa menjaga kesehatan, kekompakan dan martabat daerah Kabupaten Pulang Pisau.

“Jaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan. Jaga nama baik Kab. Pulang Pisau. Tetap menjaga kekompakan regu dan saling mengingatkan. Berangkat dengan sehat begitupun kembali dengan sehat,” ucap Bupati.

Usai menyampaikan sambutan, Bupati Pulang Pisau melakukan serah terima Bendera Kontingen Jambore kepada Ketua Kontingen sebagai simbol pelepasan yang kemudian ditutup dengan bersama-sama memanjatkan doa.

Sebelumnya, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramukan Kab. Pulang Pisau, Edy Casmani pada laporannya menjabarkan, bedasarkan Surat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor. 007 Tahun 2022 tanggal 13 Januari 2022 tentang Jambore Nasional XI Tahun 2022, dan Surat Keputusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pulang Pisau Nomor 02 Tahun 2022 tanggal 26 April 2022 tentang Kontingen Cabang Jambore Nasional XI Tahun 2022.

Lanjut, Edy menerangkan nama kegiatan yang diikuti adalah Jambore Nasional XI yang dilaksanakan dari tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus 2022 bertempat di bumi Perkemahan Pramuka Wiladatika Cibubur Jakarta.

Peserta dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pulang Pisau berjumlah 22 orang yang terdiri dari Kwartir Ranting Kahayan hilir berjumlah 5 orang, Kwartir Ranting Maliku berjumlah 3 orang, Kwartir Ranting Pandih Batu berjumlah 2 Orang, Kwartir Ranting Kahayan Kuala berjumlah 2 orang, Kwartir Ranting Jabiren Raya berjumlah 2 orang, Kwartir Ranting Kahayan Tengah berjumlah 2 orang, pendamping regu berjumlah 2 orang dan pengurus Kwartir Cabang berjumlah 4 orang.

Edy menegaskan bahwa seluruh peserta dan pendamping sudah melalui tahap seleksi baik fisik maupun mental serta melakukan tahap persiapan atau pembekalan.

“Kami laporkan seluruh peserta dan pendamping sudah divaksin dosis 2 dan dosis 3. Sebelum keberangkatan, peserta telah dibekali selama 12 kali pertemuan di halaman GOR H.M. Sanusi Kabupaten Pulang Pisau dan sekitarnya,” ungkap Edy.

“Terkait jadwal keberangkatan peserta direncanakan pada hari Jumat (12/8/2022) dan kepulangan direncanakan pada hari Minggu (21/8/2022),” terang Edy.

“Untuk biaya dipikul bersama, baik dari dana hibah, bantuan OPD dan orang tua. Maka dari itu tidak berlebihan jika kami memohon bantuan kepada Bupati Pulang Pisau berkaitan dengan anggaran guna mendukung kegiatan ini,” sampai Edy sebelum mengakhiri laporannya.

Kemudian, harapan berisi permohonan dari Ketua Kwarting Cabang Kab. Pulang Pisau tersebut ditanggapi langsung oleh Bupati Pulang Pisau bahwa Pemkab. berkewajiban untuk membantu dan akan berkunjung langsung bersilaturahmi sekaligus memantau para kontingen di Bumi Perkemahan nanti.

Sementara itu, E. S. Saputra salah seorang peserta yang juga bertugas sebagai Pimpinan Regu Putra pada rombongan kontingen Jambore XI mengungkapkan perasaan haru, persiapan dan agenda kegiatan yang akan dilakukan pada event nasional tersebut.

“Rasa deg-degan, sebab disaksikan langsung oleh Bupati, tapi bangga juga dapat mewakili daerah. Untuk Persiapan mulai dari mental dan materi dari pembina serta diri sendiri menjadi motivasi untuk bekal kami,” ungkap Saputra mengingat moment ini adalah kali pertama ia mengikuti event nasional.

Saputra berharap kepada para pemuda Pulang Pisau agar dapat melakukan hal-hal yang positif serta terhindar dari hal-hal yang kurang baik.

“Adapun kegiatan yang akan dilakukan mencakup pionering, yal-yel, tarian daerah dan hal-hal lain sesuai agenda yang berlangsung,” tutup Saputra pada wawancara langsung dengan pihak Diskominfostandi Kab. Pulang Pisau.

Turut hadir Sekretaris Daerah kabupaten Pulang Pisau, Tony Harisinta, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab. Pulang Pisau, Seluruh Andalan Cabang Kwarcab Pulang Pisau, dan para orang tua peserta. (Diskominfostandi Kab. Pulang Pisau).