Pemkab. Pulpis Gelar Kegiatan Pelatihan RUP Melalui Aplikasi SIRUP

105

Pemkab. Pulang Pisau – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui sekretariat daerah Kabupaten Pulang Pisau, Bidang Bagian Pengadaan Barang dan Jasa gelar kegiatan Pelatihan Pengumuman Rencana Umum Pengadaan (RUP) melalui aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) bagi admin Pengguna Anggaran dan Pejabat Pembuat Komitmen di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau. Kegiatan berlangsung di Aula BPPKAD Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (25/1/2022).

Pada kegiatan tersebut Bupati Pulang Pisau diwakili Sekda Kabupaten Pulang Pisau, Tony Harisinta, membuka kegiatan secara resmi.

Namun sebelumnya, pada sambutan Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang yang dibacakan Sekda Kab. Pulang Pisau, menyampaikan bahwa dalam mengumumkan rencana, menetapkan dan mengumumkan pengadaan merupakan tugas dan kewenangan dari Pengguna Anggaran.

Bupati berharap, dengan pemanfaatan aplikasi SIRUP, maka Pengguna Anggaran dapat melaksanakan kewajibannya dalam hal mengumumkan dan melaksanakan Rencana Umum Pengadaan. Langkah ini juga dianggap lebih efisien, transparan, akuntabel dan tepat waktu.

“Pengumuman Rencana Umum Pengadaan melalui SIRUP dapat menjadi sumber informasi bagi pelaku usaha, masyarakat luas, dan para pihak Pengadaan Barang/Jasa tentang gambaran pembangunan suatu daerah dalam tahun berjalan, ” ujar Tony.

Sekda menambahkan, bahwa peran serta Admin SIRUP pada Perangkat Daerah sangatlah penting. Perangkat Daerah ialah tulang punggung dan membantu para Pengguna Anggaran serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam mengumumkan, menginput, serta menyusun, Rencana Umum Pengadaan melalui Aplikasi SIRUP.

“Mereka para Admin SIRUP selalu diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan demi berkaitan dengan Pengumuman Rencana Umum, sehingga terlaksananya pengadaan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkap Tony Harisinta menutup wawancara bersama awak media. (Diskominfostandi Kab. Pulang Pisau)