Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV, Pemkab Pulang Pisau Ikuti Acara Secara Virtual Meeting

84

Pulang Pisau, Diskominfostandi – Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Ir. Saripudin didampingi Kadis Kominfostandi Kab Pulang Pisau Moh. Insyafi, SE., MAP. bersama Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Pulang Pisau Faridah Ernawati mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 secara virtual meeting di Aula Mess Pemda Kabupaten Pulang Pisau, Senin (26/04/2021).

Peringatan yang mengusung tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju” ini diikuti oleh seluruh gubernur, walikota/ bupati se-Indonesia.

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan, sedianya Hari Otonomi Daerah diperingati setiap tanggal 25 April, tetapi karena jatuh pada hari libur sehingga dilaksanakan pada siang ini.

Ia menegaskan bahwa keberagaman yang dibalut dalam bingkai otonomi daerah tentu menjadi modal besar untuk mencipatakan indonesia yang lebih maju dan lebih sejahtera.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, KH Maaruf Amin. Sebelum membuka acara, dalam sambutannya Ma’ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah pusat memberikan kebijakan dan kewenangan khusus otonomi daerah kepada pemerintah daerah dalam memajukan daerahnya. Ia berharap pemerintah daerah selalu dapat berinovasi meningkatkan pelayanan publik dan penegakan prokes serta mensukseskan vaksinasi Covid-19.

Pada kesempatan tersebut Wapres menyinggung efektifitas kerja di daerah. Menurutnya, pemerintahan mampu bersinergi dalam menjalankan roda pemerintahan antara daerah dengan pusat dan swasta. Pemerintah daerah dapat selalu memetakkan masalah. Penguatan otonomi daerah melalui pemberdayaan dan sangsi yang jelas. Perbaikan pola pemerintahan daerah. Pelaksanaan reformasi demokrasi dan konsistensi dalam kebijakan tentang cipta kerja.

Acara kemudian berlangsung hikmat dan berjalan lancar hingga akhir.

Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Ir. Saripudin mengapresiasi dengan antusias Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV tahun 2021.

“Yang jelas gini, paling tidak kegiatan ini mengingatkan kita bahwa pentingnya otonomi itu bagi daerah. Karena bagaimana pun juga, otonomi itu sangat didambakan oleh Pemerintah Daerah. Kami berharap ini tetap terus berlanjut,” ujarnya saat di wawancarai usai acara.

Namun, di sisi lain imbuhnya ke depan pemerintah pusat dapat melimpahkan semua kebijakan dan otoritas dalam menjalankan kegiatan-kegiatan langsung kepada pihak Pemerintah Daerah.

“Selama 25 tahun ini kami tahu sebagian kegiatan masih ditangani oleh pusat, tapi kami ingin ke depan semua kegiatan-kegiatan diserahkan ke daerah, kecuali politik luar negeri, pertahanan, keamanan, yustisi moneter dan fiskal nasional, dan agama,” sambungnya.

(ARR)