Pimpin RAKORDAL, Bupati Minta Serapan Anggaran Tahun 2020 Harus Lebih Baik dan Tepat Waktu

85

Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Kabupaten Pulang Pisau Triwulan IV Tahun Anggaran 2019, bertempat di Aula Kantor Bappedalitbang, senin (6/1/2020).

Rapat ini merupakan rangkaian terakhir dari pelaksanaan kegiatan di tahun 2019 berdasarkan data per 31 Desember 2019 dan disampaikan langsung oleh Bupati besaran persentase anggaran yang telah terserap di tahun 2019 yang lalu, yakni Belanja Langsung (BL) sebesar 93,62% (untuk BL keuangan) dan 98,90% (untuk BL Fisik), kemudian Belanja Tidak Langsung (BTL) sebesar 94,52% (untuk BTL Keuangan) dan 100% (untuk BTL Fisik). Dari hasil Persentase tersebut, Bupati mengakui capaian 100% sangat jarang terjadi karena pasti ada proses lelang/tender dimana di dalamnya ada penawaran, sehingga hal tersebut lah yang menjadi salah satu alasan mengapa anggaran tidak dapat terserap 100% terutama dalam hal keuangan.

Pada kesempatan ini pula, Bupati menyampaikan bahwa dirinya sudah cukup puas dengan hasil yang diperoleh di tahun 2019 namun ia tetap meminta serapan anggaran di tahun 2020 ini harus lebih baik dan tepat waktu lagi, sehingga tertib administrasi dan penilaian Opini WTP yang sudah diraih 4 Tahun berturut – turut tetap bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Untuk itu, ia pun memberikan beberapa catatan untuk menjadi evaluasi, diantaranya : 1. program kegiatan jangan ditumpuk di akhir tahun agar pelaksanaan dan serapannya dapat dilakukan secara maksimal, untuk itu Kepala SOPD harus memilah mana kegiatan yang harus diprioritaskan untuk dilaksanakan di awal tahun dan untuk segera menyiapkan pelaksanaan kick off; 2. masing – masing SOPD segera mengajukan, menyusun dan atau membuat siapa penanggung jawab terkait KPA (yang mungkin masih ada kepala dinas yang belum definitif), PPK dan PPTK; 3. Segera menyiapkan Basic Price, karena hal ini merupakan salah satu hal penting dalam percepatan pencapaian, apalagi bila program kegiatan tersebut terkait dengan fungsi pelayanan, terutama terkait dengan program terobosan.

Selanjutnya, Bupati juga menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Pulang Pisau sudah sangat baik, yakni 7,60% dan harus lebih baik lagi dari tahun ke tahun, harapnya. untuk itu perjalanan RPJMD 5 tahun harus diikuti pencapaiannya, sehingga sesuai dengan visi misi yang telah dibuat, dan berjalan seiring pula dengan kebijakan pemerintah pusat, seperti yang disampaikan oleh Presiden RI, Bapak Jokowi dalam Rakornas beberapa waktu lalu, terutama dalam hal omnibus law (penyederhanaan peraturan) yang bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah proses dalam pencapaian, salah satunya dalam membuka lapangan kerja baru, sehingga putra putri daerah dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan di daerahnya masing – masing, pungkasnya. (wd/foto : iqbl)