Pimpin Rapim TEPRA, Bupati Harapkan Penyampaian Realisasi Fisik dan Keuangan Setiap Akhir Bulan

51

Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo memimpin kegiatan Rapat Pimpinan Tim Evaluasi dan Pengawasan Anggaran (Rapim TEPRA) di Aula Bappedalitbang, Rabu (12/6/2019).

Pada kesempatan ini, ia mengharapkan agar semua kepala Perangkat Daerah untuk menyampaikan realisasi fisik dan keuangan setiap akhir bulannya sesuai dengan target rapim tersebut yang berfungsi sebagai monitoring, evaluasi dan percepatan realisasi kegiatan serta penyerapan APBD dan APBN Tahun 2019 ini dilakukan sebagai upaya tertib administrasi pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah serta kelancaran dalam pelaksanaan APBD dan APBN tahun 2019.

penyampaian realisasi fisik dan keuangan tersebut dilaporkan beserta beberapa hal yakni menjelaskan kendala permasalahan yang terjadi dalam penyerapan anggaran, merumuskan solusi pemecahan masalah dan tindak lanjut sebagai bahan untuk percepatan penyerapan realisasi anggaran pelaksanaan rencana pembangunan tahun 2019. Serta Perangkat Daerah secara pro aktif menyampaikan laporan realisasi fisik dan keuangan tepat waktu  sehingga laporan dari Kabupaten Pulang Pisau tidak terlambat di sampaikan ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya Bupati menjelaskan pula, bahwa pada posisi 31 Mei 2019 pencapaian realisasi BL dan BTL untuk keuangan 24,96% dan untuk fisik 28,05%. “Sedangkat target yang harus dicapai adalah 40% untuk keuangan, dan 42% untuk fisik. Sehingga realisasi keuangan dan fisik masih belum mencapai target yang telah ditetapkan” Ujarnya.

Bupati mengatakan bahwa akan terus melakukan evaluasi dan penilaian dalam pelaksanaan kegiatan baik pada tingkat keberhasilan maupun yang menjadi kendala-kendala atau permasalahan yang dihadapi.

“sehingga kualitas dan kuantitas pelaksanaan program kegiatan pembangunan dapat lebih optimal serta tepat dalam pencapaian target” Tandasnya. (krwn/wd(edit)/foto : MC)