Pj. Bupati Menghadiri Acara Pembukaan Festival Tari Dayak Kebangsaan

434

Pj. Bupati Pulang Pisau, Ir. Hj. Sunarti, MM. didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau, Damek Panahan, menghadiri acara pembukaan Festival Tari Dayak Kebangsaan yang diselenggarakan di Tugu Soekarno, Palangkaraya, Sabtu (18/08/2018)

kegiatan ini dipersembahkan oleh Polda Klimantan Tengah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah dalam rangka HUT RI 73 dan HUT Dewan Adat Dayak Kalteng ke 11, yang di ikuti oleh para pecinta tari dari 15 sanggar tari di Kalimantan Tengah, sebanyak 187 org peserta.

Kegiatan yang dibuka dengan tarian inkai galang, maanyan (gelang dadas) ini, merupakan ide dari Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen. Pol. Drs. Anang Revandoko, yang bertujuan agar hasil dari festival ini melahirkan khas tari dayak, yang kedepannya akan menjadi icon tari dayak dari Kalimantan Tengah itu sendiri, sehingga tari dayak dapat setara dengan tarian tortor Sumatra Utara, tari sajojo dari Irian, tari saman dari Aceh, dan sebagainya yang sudah dikenal diseluruh nusantara maupun di dunia internasional. Dan kegiatan ini juga sebagai wujud kecintaan terhadap tanah air khususnya Kalimantan Tengah dan menjaga kearifan lokal dalam bingkai NKRI. (wd)