Pj. Sekda Sampaikan Realisasi Tukin Tertunda Akibat Covid-19

199

Realisasi tunjangan kinerja (Tukin) di Kabupaten Pulang Pisau tertunda. Harusnya, realisasi Tukin itu sudah berjalan di bulan April 2020 ini. Namun, akibat pandemi corona virus disease 2019 atau Covid-19 maka realisasi Tukin itu terpaksa belum bisa dilakukan. Hal itu diakui Pj Sekda Kabupaten Pulang Pisau, Saripudin. senin (20/04/2020)

Ia mengatakan, Tukin ini merupakan salah satu tambahan pendapatan bagi ASN. Hanya saja, karena adanya virus corona ini, semua anggaran masing-masing SOPD mengalami pergeseran.

“Semua dana difokuskan untuk membantu pencegahan dan penyebaran covid-19. Sehingga Tukin bagi ASN juga terkena dampaknya,” kata Sekda

Sekda menjelaskan, sebenarnya pengkajian dan nilai dari Tukin ini sudah selesai. Dananya pun sudah siap dan hanya tinggal realisasi saja.

“Tetapi mau tidak mau karena virus corona ini jadinya ditunda. Sebab rencananya ada refocusing dan realokasi anggaran sesuai intruksi pemerintah pusat,” jelasnya.

Saripudin mengungkapkan, daerah pada intinya akan mengikuti bagaimana kebijakan pemerintah pusat. Karena saat ini negara membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk melakukan pencegahan dan penanganan covid-19. (bdr/edit : wd)