Plt. Bupati Serahkan Pembayaran Upah Kerja Program Pembangunan Rumah Swadaya DAK Cadangan

140

Plt. Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang secara simbolis menyerahkan pembayaran upah kerja pembangunan Rumah Swadaya DAK Cadangan Tahun 2020 di Kelurahan Pulang Pisau yang diselenggarakan oleh Dinas Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Pulang Pisau (Disperkimtan), bertempat di halaman mess pemda, Pulang Pisau, kamis (05/11/2020).

pada kesempatan ini, Plt. Bupati menyampaikan dukungan dan apresiasinya pada kegiatan ini yang merupakan Program Bantuan Pemerintah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan tujuan untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan, peningkatan kualitas rumah beserta sarana dan prasarana dan utilitas umum yang tadinya tidak layak huni menjadi layak huni dan terhuni sehingga lebih sehat dan aman.

 

Kedepannya, Plt. Bupati berharap program ini terus berlanjut dan tetap tepat sasaran untuk kesejahteraan masyarakat Pulang Pisau. Ia pun menyadari bantuan ini bukanlah berupa bangunan mewah namun Pemerintah Daerah telah berupaya ingin meningkatkan kehidupan masyarakatnya untuk memiliki rumah layak huni dan aman. Dan Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2017 hingga tahun 2020 dengan total penerima bantuan sebanyak 1.258 unit.

Selanjutnya, dalam Laporan singkatnya, Kepala Dinas (kadis) Perkimtan Edy Purwanto Casmani menyampaikan bahwa penerima Program DAK Perumahan Tahun 2020 di kelurahan Pulang Pisau sebanyak 78 Kepala Keluarga (KK), dengan masing – masing unit menerima sebesar Rp. 17.500.000,- (tujuh belas juta lima ratus ribu rupiah) dengan rincian Rp. 15.000.000,- (lima belas juta) biaya material, Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) biaya upah kerja.

Kemudian, ia menyebutkan Program Pembangunan Rumah Swadaya DAK Cadangan ini dimulai dari bulan agustus 2020 dan telah selesai di bulan Oktober 2020 sehingga dapat dilakukan pembayaran upah kerja tanpa ada pemungutan biaya sepersenpun kecuali penerima hanya menyiapkan materai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah), dan program ini bekerjasama dengan Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau sehingga dapat selesai tepat waktu.

terakhir, kegiatan yang tetap mengedepankan protokol kesehatan ini diakhiri dengan kunjungan secara spontan Plt. Bupati ke perumahan swadaya yang telah dibangun untuk melihat secara langsung kondisi bangunan dan bertemu langsung dengan penerima bantuan. (wd)