Wabup Panen Perdana dan Tebar Benih Lele Sistem Bioflok

269

Wakil Bupati Pulang Pisau, Pudji Rustaty Narang melakukan Panen Perdana dan Penebaran Benih Lele Sistem Bioflok di Desa Mantaren II Kecamatan Kahayan Hilir, rabu (25/10).

Potensi Perikanan Kabupaten Pulang Pisau cukup besar baik Perikanan Laut maupun Perikanan Darat (rawa, sungai dan danau). Khusus Perikanan Budidaya, nampaknya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun yaitu produksinya 2.970 ton pada tahun 2015 menjadi 3.943 ton pada tahun 2016. Untuk itu saya anjurkan agar Dinas Perikanan terus membina pokdakan tersebut.

Dalam rangka mengembangkan usaha Perikanan Budidaya tentu ada permasalahan, baik penyediaan bibit pakan maupun pemasaran hasil usaha. Saya harap agar Dinas Perikanan selalu membina, memberikan penyuluhan dan sosialisasi agar usaha masyarakat dapat berjalan sesuai harapan. Begitu juga dengan pemasaran hasil perikanan agar dibuat kelompok-kelompok sehingga memudahkan pemasaran dengan menyalurkan kepada pihak pengumpul.

Khusus keterbasatan pakan ikan yang tergantung dengan pabrik pakan, adapun solusi yang ditempuh oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau untuk mengatasi masalah tersebut yaitu budidaya ikan Sistem Bioflok. Dengan Budidaya Ikan Sistem Bioflok ini sangat efektif dan efisien baik dari segi biaya produksi maupun waktu pemeliharaan sehingga dapat meningkatkan produktivitas usaha Budidaya Ikan.

Atas nama Bupati Pulang Pisau saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dinas Perikanan atas Inovasinya yaitu Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok ini, tentu saja kita berbangga dan menaruh harapan besar agar kegiatan Budidaya Sistem Bioflok ini dapat diterapkan ke daerah-daerah lain di Kabupaten Pulang Pisau yang mempunyai potensi. Diharapkan juga dengan adanya Budidaya Sistem Bioflok ini dapat meningkatkan Produksi Perikanan Budidaya dan menumbuhkan kawasan sentra-sentra Budidaya sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Pada kesempatan itu, selain memanen ikan Wakil Bupati Pulang Pisau juga menebarkan benih ikan dengan harapan agar nantinya bisa digunakan dengan sebaik-baiknya. Wakil Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat untuk meniru Budiddaya Ikan Sistem Bioflok ini agar perekonomian masyarakat Kabupaten Pulang Pisau meningkat.